19 Sesi F1 akan Segera Dimulai

2. 19 Sesi F1 akan Segera Dimulai 1

Jika Anda adalah pecinta berat balapan Formula One maka pada musim balapan F1 mendatang akan digelar sebanyak 19 sesi F1. Pihak FIA sudah mendaftarkan kesembilanbelas seri balapan Formula One tersebut dan bahkan sudah merilis jadwal resmi serta kalender balapan F1 tahun depan. Dengan demikian para tim dan pebalap yang akan terjun kedalam trek balapan sudah bisa mempersiapkan diri dan mobil yang akan dipergunakan untuk membalap.

Seperti sudah diprediksi oleh banyak pihak, ada tiga negara yang dicoret dari kalender balapan jet darat ini, mereka adalah Korea, Meksiko dan New Jersey sehingga hanya ada 19 sesi balapan saja yang akan dilangsungkan. Ketiga negara itu dicoret dari kalender karena beberapa hal, pertama Korea ditiadakan dari kalender karena masalah keuangan padahal Korea sudah empat kali ikut menggelar balapan Formula One dinegarana.

Sementara itu Meksiko juga gagal menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan Formula One untuk pertama kalinya karena dinilai belum siap dan baru pada  tahun 2015 Meksiko mempunyai kesempatan untuk menjadi penyelenggara satu dari 22 sesi F1 yang digelar oleh FIA. Sementara itu Amerika juga terdepak dari kalender balapan Formula One karena hal yang tidak jelas.  FIA telah dua kali  ini mencoret New Jersey dari kalender setelah Amerika ditolak menjadi panitia sejak tahun yang lalu.

 

Dengan jadwal yang baru ini maka ada tiga balapan yang dibatalkan dan ini membuat banyak perubahan yang harus dibuat oleh seluruh anggota Formula One agar bisa tetap berjuang maksimal. Belum lagi ada aturan baru mengenai perubahan spek mesin dan chasis mobil serta aerodinamis. Seperti diketahui, FIA menerapkan aturan baru yaitu kapasitas mesin akan diturunkan menjadi 1600cc saja dari yang sebelumnya mencapai 2500cc.

Selain itu FIA juga mengubah tipe mesin yang digunakan dari V8 menjadi V6. Perubahan regulasi ini terpengaruh kampanye ramah lingkungan sehingga mesin-mesin diperkecil agar polusi yang dihasilkan juga sedikit. Tak pelak aturan baru ini membuat banyak pihak kelabakan karena mereka harus mengubah rencana dan spek mesin yang telah mereka buat selama musim 2013 yang lalu. Mereka hanya punya waktu kurang dari 3 bulan untuk menyesuaikan diri dengan peraturan yang baru.

Selain itu para pebalap juga mengkhawatirkan bahwa 19 sesi F1 yang akan segera digelar akan kehilangan pamornya karena perubahan aturan ini. Sudah jelas mesin kecil akan membuat kompetesi tidak seekstrim musim yang lali karena CC mesin kecil berarti kecepatan juga tidak bisa maksimal. Jelas hal  ini akan mempengaruhi kenikmatan menyaksikan balapan yang dianggap paling cepat dimuka bumi ini. Kalau menurut Anda, apakah sebaiknya peraturan baru balapan F1 ini dilaksanakan musim depan atau di-cancel saja?

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>