Alasan Balapan F1 2014 Bisa Jauh Lebih Menarik dari Musim Ini

2. Alasan Balapan F1 2014 Bisa Jauh Lebih Menarik dari Musim Ini1

Ajang Balapan F1 atau Formula One musim ini memang sudah berakhir dan Sebastian Vettel berhasil menjadi juara dunia untuk keempat kalinya secara beruntun namun ajang balapan F1 2014 digadang-gadang akan menjadi jauh lebih menarik daripada ajang F1 musim ini. Seperti diketahui, pada musim ini, Vettel terus memperlihatkan dominasinya dimana pembalab Red Bull tersebut sukses meraih sembilan kemenangan beruntun dan total 13 kemenangan grand prix di musim balapan 2013. Namun begitu, ada paling tidak lima hal yang dapat membuat gelaran balapan F1 yang akan digelar di musim 2014 nanti lebih menarik dibandingkan dengan ajang balapan F1 musim ini.

1. Semua Tim Peserta Akan Mengejar Red Bull

Hal pertama yang akan membuat balapan F1 musim depan lebih menarik yaitu akan ada banyak perubahan dalam hal teknologi terutama pada bagian mesin dan hal ini membuat hampir semua tim peserta balapan kebingungan. Aturan penggunaan mesin V8 dengan bahan bakar 2.5 liter yang sudah diberlakukan sejak tahun 2006 lalu akan digantikan dengan pemakaian mesin V-6 turbo 1.6 liter pada musim depan. Hal ini bisa saja menjadi tanda berakhirnya dominasi mesin Renault dan Red Bull. Dengan mesin V6 yang mereka pakai, Mercedes sepertinya akan menjadi pusat perhatian meskipun semua belum diketahui dengan pasti dan hal inilah yang membuat balapan menjadi tak terduga dan lebih menarik.

2.   Hadirnya the ‘New Lewis Hamilton’

Pada musim balapan F1 2014 nanti, McLaren akan memiliki satu pembalap baru yaitu seorang debutan yang bernama Kevin Magnussen. Kevin merupakan anak dari Jan Magnussen yang merupakan seorang mantan pembalap dan Kevin telah berhasil memenangkan ajang Formula Renault Seri dengan meraih keunggulan 60 poin akan tetapi Kevin belum teruji di level ini. Walaupun McLaren mendapatkan kesulitan dalam mempertahankan kecepatan di ajang balapan musim ini, diberlakukannya peraturan musim baru di ajang balapan F1 musim depan membuat kekuatan semua pembalap peserta menjadi seimbang.

Mengenai Magnussen sendiri, kemampuannya sebenarnya diragukan oleh Jenson Button sebelumnya dimana Button mengatakan bahwa merekrut Magnussen adalah sebuah resiko. Meski begitu, Button kemudian memuji bakat yang dimiliki oleh Magnussen dan menganggap bahwa Magnussen merupakan pembalap yang sangat cepat. Magnussen sendiri masih berusia 21 tahun dan dengan begitu, pembalap yang berasal dari Denmark tersebut lebih mudah dari Lewis Hamilton, rookie McLaren sebelumnya, mengingat Hamilton menjajal F1 untuk pertama kalinya ketika dirinya berusia 22 tahun.

2. Alasan Balapan F1 2014 Bisa Jauh Lebih Menarik dari Musim Ini2

3.  Kiprah the ‘Old Lewis Hamilton’

Selain kiprah Magnussen yang dijuluki the ‘new Lewis Hamilton’, kiprah Lewis Hamilton sendiri juga menjadi salah satu hal yang akan membuat balapan F1 musim depan lebih menarik. Kini, setelah mantan juara dunia tersebut selesai beradaptasi dengan Mercedes, kiprahnya bersama tim asal Jerman tersebut akan menjadi sesuatu yang sangat menarik untuk dilihat. Pada gelaran musim depan, pembalap tercepat, atau lebih tepatnya, pembalap paling konsisten, di lintasan, Nico Rosberg dan Hamilton bisa menjadi pesaing terberat untuk Sebastian Vettel di ajang balapan F1 musim depan.

4. Persaingan Alonso dan Raikkonen

Pembalap lain yang berniat untuk mengalahkan Vettel adalah Fernando Alonso, pembalap Ferrari yang sampai sejauh ini masih gagal bersinar bersama tim asal Italia tersebut. Sementara itu, kembalinya Kimi Raikkonen ke Maranello juga menjadi sesuatu yang cukup menarik di ajang F1 musim depan. Tidak peduli apapun dampak dari diberlakukannya peraturan teknologi mesin yang baru musim depan, persaingan kedua pembalap tersebut di satu tim sudah pasti akan melahirkan momen yang mengasyikkan dan ini menjadi susunan pembalap yang bisa dibilang paling kompetitif setelah Hamilton vs Alonso.

5.   Terjadinya Perubahan Skuat di Pitlane

Ajang balapan F1 musim depan tak hanya dimeriahkan oleh hadirnya pembalap baru tapi juga perancang berbakat baru Ferrari yang direkrut dari Lotus, James Allison. Sementara itu, kubu Red Bull harus rela kehilangan Peter Prodromou, ahli aero yang memilih untuk hengkang ke Mclaren dan selain itu, Red Bull juga harus bisa membuat Daniel Ricciardo, pembalap anyar mereka yang akan menggantikan Mark Webber, mampu beradaptasi dengan cepat dan ini membuat musim depan tidak mudah untuk Red Bull. Sementara itu, para pembalap sendiri juga menjadi kian tidak pasti menunggu keluaran baru dari produsen ban ternama, Pirelli, untuk kompetisi musim depan. Singkat kata, ada banyak sekali hal yang dapat membuat balapan F1 2014 menjadi jauh lebih menarik daripada balapan F1 musim ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>