Anda Yakin Mengetahui Segala Hal Tentang Formula 1? Baca Ini dulu!

F1

Ajang Formula 1 selalu menjadi perhatian dunia di setiap musimnya. Dan hampir segala sesuatu tentang ajang balapan paling bergengsi ini selalu menjadi topik pembicaraan hangat di mana-mana, terutama bagi para fans. Namun begitu, ternyata tidak semua hal tentang Formula 1 bisa Anda temukan di media-media. Ajang ini masih menyimpan banyak yang unik dan menarik yang hanya sedikit orang mengetahuinya. Penasaran dengan beberapa fakta unik tentang Formula 1? Well silakan dibaca ulasan dibawah dan lihat seberapa banyak anda mengenal balapan tercepat di muka bumi ini.

1. Sebuah mobil Formula 1 dirangkai dari 180.000 komponen berbeda. Dan betapapun ahlinya dan akuratnya proses prakitan yang dilakukan oleh mesin dan professional dibidangnya, selalu masih saja ada kesalahan teknis yang terjadi di setiap laga balapan.

2. Sebuah mobil Formula 1 bisa melaju dari 0 hingga 240km per jam dalam waktu 5 detik. Dan saat seorang pembalap melakukan pengereman dari posisi top speed sampai berhenti, diperlukan waktu 3-4 detik dengan jarak tempuh pengereman hanya 55 meter saja. Dalam kurun waktu pengereman tersebut, sang pembalap akan mengalami G-Force hingga sebesar 5,6G, yang setara dengan menahan 4 kali berat tubuhnya sendiri. Tanpa latihan yang tepat, pengereman seperti itu bisa mematahkan tulang punggung dan tulang leher pembalap pada 2 detik pertama. Oleh karenanya, seorang pembalap harus memiliki ketahanan fisik yang sangat tinggi.

3. Saat melaju, knalpot mobil Formula 1 akan menghasilkan panas diatas suhu 950 derajat Celsius. Dan lebih mengerikannya lagi, saat melakukan pengereman, temperature pada lempengan piringan rem akan mencapai suhu 1000 derajat Celsius. Itu mengakibatkan lempengan logam tersebut hingga membara.

 FIA, F1, berita F1, tentang F1, berita olahraga

4. Berbeda dengan setir mobil pada umumnya, 95% panel control mobil berada pada setir. Terdapat sekitar 15 tombol dan panel display pada setir tersebut. Seorang pengemudi bisa melihat panel kecepatan, RPM, campuran bahan bakar, dan lain-lain hanya dengan melihat setir. Selain itu, pada bagian belakang setir terdapat panel yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan gear.

5. Setiap tim balapan, selama seminggu pergelaran balapan, menghabiskan sekitar 1200 liter bahan bakar, oli mesin 70 liter, dan sekitar 30 oli gearbox. Konsumsi bahan bakar yang besar tidak lepas dari fakta bahwa sebuah mobil Formula 1 yang memiliki daya 750 tenaga kuda membutuhkan 70 liter bahan bakar mesin untuk jarak tempuh 100 km.

6. Dalam sekali sesi balapan, seorang pembalap biasanya melakukan perpindahan gear sebanyak 2500 kali. Namun itu tidak di semua sirkuit, sebab beberapa sirkuit yang memiliki banyak belokan seperti Monaco, biasanya pembalap memindahkan gearnya sebanyak 3100 kali.

7. Sistem pompa pengisian bahan bakar saat di kokpit mampu menyemburkan bahan bakar sebanyak 12 liter per detik. Ini berarti untuk mengisi tangki kapasitas 70 liter hanya membutuhkan waktu kurang dari 6 detik. Sistem ini mengadaptasi dari sistem pengisian bahan bakar helicopter militer A.S.

8. Kru berpengalaman di kokpit mampu mengisi bahan bakar dan mengganti ke empat ban mobil Formula 1 dalam 4 detik. Berbeda pada orang biasa, meskipun menggunakan peralatan yang sama, membutuhkan waktu setidaknya 2 menit untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan sempurna.

 FIA, F1, berita F1, tentang F1, berita olahraga

BACA JUGA:

Peraturan Poin Dobel Akan Tetap Diberlakukan Mulai Musim F1 2014 Ini

F1 Masih Percaya Dengan Pirelli

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>