Aturan baru Formula One Membuat Kacau Balau

2. Aturan baru Formula One Membuat Kacau Balau 2

Tahun depan, Formula One akan membuat aturan baru yang harus dipatuhi seluruh tim dan pebalap F1 di setiap race. Tak pelak isu ini membuat kacau balau persiapan yang telah dilakukan oleh beberapa tim semenjak pertengahan tahun yang lalu karena mereka telah menyiapkan desain mesin dan chasis yang baru untuk musim balapan 2014 yang akan datang. Salah satu yang ikut berkomentar tentang perubahan aturan ini adalah teknisi tim red Bull, Adrian Newey.  Ia berkata bahwa perubahan ini tidak saja membuat kekacauan namun juga akan menambah bumbu persaingan F1 di tahun 2014 mendatang.

Peraturan baru yang akan dikeluarkan oleh manajemen F1 diperkiraan meliputi besaran kapasitas mesin yang boleh dipakai dan juga pengaturan tentang aerodinamika setiap mobil balap. Newey mengatakan bahwa F1 tahun depan akan mempergunakan mesin dengan kapasitas 1600cc atau 1,6 liter dan ini artinya turun drastis dari yang sebelumnya boleh menggunakan mesin sampai maksimal 2400cc. pengurangan besaran mesin ini diperkirakan karena tuntutan ramah lingkungan.

Bagi Tim Red Bull sendiri belum ada gambaran siapa yang akan menyiapkan mesin bagi timnya. Selain itu masih ada peraturan tentang aerodinamika mobil yang juga harus diperhatikan karena peraturan baru Formula One akan menyebabkan perombakan chasis mobil secara drastis yang harus menyesuaikan dengan mesin yang semakin mengecil agar diperoleh kecepatan yang diinginkan.

 

Diperkirakan yang akan mengambil keuntungan terbesar dari perubahan peraturan F1 ini adalah tim pabrikan. Namun yang jelas, setiap tim yang bisa mengkombinasikan mesin dan chasis yang bagus dan tepatlah yang akan menjadi juara. Oleh sebab itu setiap tim harus bisa membaca peraturan dengan hati-hati dan kemudian mencari celah-celah yang memungkinkan untuk mengambil keuntungan agar menjadi juara.

Setiap tim yang berlaga di Formula One juga harus pandai-pandai memahami peraturan baru tentang aerodinamis mobil dan paket mekanik yang ada. Penelitian dan percobaan harus dilakukan secara menyeluruh dan menyatu karena mobil balap yang bagus bukan dibuat dari potongan-potongan yang disambung namun produk yang dibuat secara keseluruhan.

Sudah jelas sekarang bahwa perubahan peraturan ini akan membuat kalang kabut tim-tim yang ada. Mereka harus melihat kembali desain yang telah mereka buat dan rencanakan selama musim yang lalu. Bisa diprediksi besok saat musim balapan 2014 digelar, akan timbul persaingan tidak saja pada trek balapan namun juga  para kelas konstruktor di pit.

Mereka akan dengan gila-gilaan mengubah desain mobil yang sekarang untuk memenuhi peraturan manajemen balapan F1 yang baru, padahal waktu yang ada tinggal sedikit. Belum lagi tim yang sudah menjajal mobil dan pebalap barunya, mereka harus mengulang semuanya dari awal. Besok andalah saksinya, tim mana yang akan berjaya di musim 2014.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>