Gara-gara Helikopter Sesi Latihan F1 Ditunda

2. Gara-gara Helikopter Sesi Latihan F1 Ditunda 1

Dari Austin Amerika Serikat, gara-gara helikopter medis belum parkir, maka sesi latihan bebas pertama ditunda oleh pengawas balapan. Sesi pertama latihan bebas Formula One sempat terganggu dengan adanya kabut tebal yang menyelimuti sirkuit The Americas. Pengawas sempat menunda latihan selama 40 menit karena kabut ini dan membuat latihan bebas hanya berlangsung 60 menit saja. Akhirnya sesi latihan F1 dimulai namun kembali dibatalkan karena helikopter medis masih belum mendarat.

Memang kehadiran helikopter medis sangat penting dalam setiap ajang balapan, tidak hanya di Formula One namun juga di ajang MotoGP dan lainnya karena menjadi sarana yang sangat penting untuk evakuasi medis jika ada kecelakaan. Setelah helikopter datang maka pengawas balapan kembali mengibarkan bendera hijau yang berarti race bisa dimulai lagi dan kebetulan cuaca sudah cerah dan langit cukup terang.

Dari hasil latihan bebas F1 sesi pertama tersebut Alonzo berhasil menjadi yang tercepat dengan menorehkan waktu 1 menit 38, 343 detik dari 16 laps yang dijalaninya. Pebalap Ferrari ini menjadi yang tercepat disusul oleh pebalap McLaren, Jenson Button di posisi kedua. Sementara itu posisi ketiga ditempati oleh pebalap Williams, Valtteri Bottas dengan catatan waktu 1 menit 38,388 detik. Sementara itu Vettel dari Red Bull hanya menempati posisi 18.

Pada sesi latihan bebas kedua F1 di Austin, Amerika, posisisatu dan dua dikuasai oleh duo tim Red Bull, Vettel dan Webber. Sebastian Vettel yang pada sesi pertama hanya mencatatkan waktu 1 menit 40,662 detik dan menempati posisi 18 berhasil menyodok catatan waktunya dan menjadi yang tercepat dengan waktu 1 menit 37,305 detik dan disusul oleh rekan satu timnya Mark Webber dengan selisih 0,115 detik.

Sementara itu dua posisi berikutnya dikuasai oleh pebalap dari Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton. Sementara itu Fernando Alonso yang pada sesi latihan F1 pertama menempati posisi tercepat harus melorot pada posisi sepuluh. Sementara rekan satu tim Alonso, Felipe Massa hanya mampu mencatatkan waktu 1 menit 38,398 detik dan menempati posisi 12.

Dilain pihak, Jenson Button terkena pinalti tiga posisi kebelakang karena dengan sengaja mendahului mobil didepanya saat hendak memasuki pitlane. Dengan begitu begitu hanya menempati posisi kesembilan. Sementara Heikki Kovalainen yang menggantikan Kimi Raikkonen berhasil menempati posisi kelima dengan 1 menit 38,073 detik.

Pada sesi latihan pertama dan kedua semua tim berkutat pada masalah pemilihan ban. Lintasan yang licin karena kabut dan basah membuat pebalap harus jeli memilih ban agar lebih maksimal menggeber mobilnya. Webber pada sesi latihan pertama dan kedua memilih ban keras yang membuatnya lebih cepat 2 detik di sesi latihan F1 yang kedua.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>