Menjadi Biang Petaka di Lintasan, Pastor Maldonado Panen Penalti

Menjadi Biang Petaka di Lintasan, Pastor Maldonado Panen Penalti1

Pada laga GP di Bahrain yang lalu sempat terjadi insiden yang cukup mengejutkan di track sirkuit, yang melibatkan dua pembalap ternama Pastor Maldonado dan Esteban Gutierrez. Insiden yang kini menjadi bahan perbincangan hangat di kalangan pemerhati olahraga MotoGP ini terjadi disaat mobil Pastor Maldonado menabrak mobil Esteban Gutierrez, hingga mobil Gutierrez terpelanting dan terbang keluar dari lintasan. Insiden tersebut terjadi pada laga GP di Bahrain pada hari Minggu kemarin, tepatnya 6 April 2014.

Kedua pembalap terlibat kecelakaan saat keduanya berada di pertengahan lap ke-41. Insiden ini berawal dari niat Gutierrez yang bermaksud berbelok ke kanan pada tikungan pertama. Lalu tanpa disadarinya, Maldonado yang datang di sisi kanannya pun tak sanggup menghindari maneuver yang dilakukan Gutierrez secara tiba-tiba tersebut. Tak ayal, bagian mobil Maldonado pun menghantam sisi samping mobil Gutierrez. Akibatnya, mobil Sauber yang menjadi tunggangan Gutierrez terpelanting terbang dan berguling di udara.

Sekalipun insiden ini bisa dibilang keras namun berdasarkan pernyataan dari tim medis dan otoritas pertandingan, insiden ini tidak menimbulkan korban jiwa. Bahkan seperti yang di lansir oleh pihak pemberitaan pertandingan, kecelakaan ini tidak menyebabkan cedera bagi kedua pembalap. Setelah mobil Saubernya berhasil mendarat di lintasan, Gutierrez sang racer pun akhirnya bisa keluar dari kokpit dengan selamat. Dirinya selamat tanpa adanya cedera yang berarti, namun pastinya dirinya merasa shock atau terkejut dengan perkembangan yang diluar prediksinya tersebut.

fi, moto gp, gila balap, olahraga, pastor maldonado

Sebagai ganjaran atas aksi yang membahayakan tersebut, Maldonado pun akhirnya oleh pihak otoritas pertandingan dijatuhi hukuman yang cukup berat. Sangsi inipun langsung dijatuhkan di saat itu juga oleh pihak official pertandingan. Maldonado didakwa bersalah karena telah menjadi biang penyebab kecelakaan tersebut dan untuk itu ia dikenai hukuman ‘Stop Go’ sehingga ia hanya dapat menempati posisi 14 di laga tersebut.

Rupaya ‘Stop-Go’ bukanlah satu-satunya hukuman yang diterima oleh Maldonado karena ia harus menerima ganjaran hukuman berlapis. Berdasarkan insiden yang disaksikan pada rekaman balapan Official balapan menambahkan hukuman yang lebih berat lagi kepada Maldonado yang berupa mundur sejauh lima grid untuk balapan berikutnya yang akan dijalani Maldonado di Shanghai nanti.

Hukuman untuk Maldonado tidak berhenti disitu saja karena ia masih mendapatkan tambahan hukuman dikenai 3 poin penalty. Berdasarkan peraturan terbaru untuk musim 2014, para pembalap yang melakukan kesalahan akan mendapatkan poin penalti dan besar-kecil jumlah poin penalti ini tergantung dari tingkat kesalahan atau dampak yang telah dihasilkan dari ulah pembalap bersangkutan. Poin penalti akan terus terakumulasi di sepanjang musim maka jika sudah terkumpul sebanyak 12 poin penalti maka pembalap secara otomatis dilarang tampil dalam satu kali pertandingan.

fi, moto gp, gila balap, olahraga, pastor maldonado

BACA JUGA:

Jenson Button Tak Yakin Mercedes dan Williams akan Kuasai Sirkuit Albert Park

Lewis Hamilton Kuasai Sirkuit dan Tampil Sebagai Yang Tercepat

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>