Mesin Baru Formula One 2014 Lebih Menantang, Kata Sebastian Vettel

5. Mesin Baru Formula One 2014 Lebih Menantang, Kata Sebastian Vettel 2

Seperti sudah diumumkan kepada seluruh tim dan pebalap Formula One bahwa tahun depan mesin baru Formula One akan lebih ramah lingkungan karena mempergunakan kapasitas mesin yang lebih kecil. FIA sudah memutuskan bahwa mesin jet darat yang boleh dipergunakan untuk musim balapan tahun hanya berkapasitan 1600cc yang berarti turun sekitar 800cc dari yang sebelumnya pada pebalap boleh memakai mesin sampai dengan 2400cc. penurunan kapasitas mesin ini tidak membuat Sebastian Vettel menjadi keder, justru ia mngungkapkan kegembiraannya karena dengan CC kecil persaingan akan lebih menyenangkan.

Vettel yang merupakan juara dunia Formula One 2013 mengatakan bahwa dirinya dan tim Red Bull akan berjuang dengan kekuatan penuh demi memenangkan lagi gelar juara dunia musiim mendatang. Aturan baru Formula One untuk tahun depan yaitu pembatasan mesin yang lebih kecil dan penggunaan turbocharged dengan mesin V6 yang baru. Selain itu satiap pebalap di Formula One akan dibatasi bahan bakarnya dan hanya boleh mengkonsumsi sebanyak 100kg saja di setiap balapan.

Dengan regulasi baru tersebut, setiap pebalap dan tim harus dengan bijaksana mendesain ulang mobil balap Formula One mereka agar bisa lebih cepat walau dengan kapasitas mesin yang lebih kecil dan pasokan bahan bakar yang lebih sedikit. Namun tidak bisa ditampik bahwa penggunaan mesin berkapasitas lebih kecil akan membuat para pebalap lebih sulit mengendalikan mobil mereka dan itu adalah tantangan yang harus dihadapi oleh semua pebalap, kata Sebastian Vettel lebih lanjut.

Mereka harus menghadapi tantangan lain yaitu hanya memiliki 100kg bahan bakar untuk menyelesaikan seluruh lap yang ada. Dengan bahan bakar yang sangat terbatas itu setiap pembalap harus mengerahkan teknik mengemudi terbaik mereka sehingga bisa finish. Vettel sendiri tidak memungkiri hal tersebut namun ia tidak terlalu khawatir. Hal ini karena Vettel adalah pebalap yang sudah profesional dan sudah ahli untuk mengendalikan mobil balapnya dalam kondisi apapun juga.

Vettel juga membuat target untuk kembali menjuarai Formula One musim depan dengan timnya yang sekarang. Target juara dunia Formula One tahun depan berarti Vettel akan memenangkan juara dunia yang kelima kalinya. Vettel dengan percaya diri mengatakan bahwa ia akan memenangkan setiap race Formula One tahun depan dan menjadi juara. Apalagi saat ini Sebastian Vettel juga mendapatkan rekan baru di tim Red Bull yaitu Daniel Ricciardo.

Ricciardo bergabung di RedBull untuk menggantikan posisi Max Webber yang menyatakan diri pensiun dari dunia balap Formula One. Riiciardo sebelumnya ikut membalap di tim Torro Rosso dan dia adalah pengganti Webber yang paling pas untuk RedBull. Dania mengaku bahwa Vettel bisa menjadi patokannya dalam membalap sehingga Ricciardo yakin bahwa ia akan membalap di posisi depan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>