Perjalanan Terakhir Webber di Formula One

2.Perjalanan Terakhir Webber di Formula One.1

GP Brazil kemarin nampaknya menjadi perjalanan terakhir Mark Webber di dunia Formula One. Hal ini berarti dia sudah berkarier di Formula One selama hampir 11 tahun. Webber sudah melakukan yang terbaik untuk mengakhiri kariernya di F1 ini, yakni finish podium di tempat kedua setelah Sebastian Vettel. Finisnya ini sekaligus merupakan finis podium ke-42 bagi Webber.

Mark Webber memulai kariernya di F1 bersama dengan tim Manardi. Pada usianya yang sudah 37 tahun ini, Webber sudah menjalani 215 balapan. Balapan pertamanya adalah di GP Australia 2002. Selama itu, Webber sudah pernah berpindah-pindah tim, yakni Jaguar, BMW, dan Williams, dan pada tahun 2007, Webber memulai balapan bersama dengan Red Bull.

Ada sembilan kemenangan yang diraih oleh Mark Webber selama menjalani kariernya di F1. Titik balik perjalanan karier Webber adalah enam tahun lalu, yakni ketika dia pindah ke Red Bull. Webber berhasil menang untuk pertama kalinya di Jerman, tepatnya pada 2009. Meskipun Webber bukanlah pembalap utama karena ada Sebastian Vettel, pada tiap kesempatan Webber selalu berupaya untuk menunjukkan yang terbaik seperti daya saing yang tinggi.

Sedangkan musim terbaik Webber adalah pada 2010, karena dia berhasil meraih empat kemenangan. Dia juga berhasil menempati posisi tiga pada klasemen akhir. Pada 2011 dia juga berhasil bertahan pada posisi tiga klasemen akhir, meskipun hanya berhasil meraih satu kemenangan. Webber juga mengumpulkan 13 pole position serta 19 fastest lap.

Sedangkan menurut Webber sendiri, hal ini merupakan cara yang bagus untuk mengakhirinya. Menurutnya, dia memilih waktu yang tepat dan ini merupakan finish yang sangat baik bagi kariernya. Dia juga mengakui selama lima atau enam tahun terakhir ini merupakan pertarungan yang hebat dengan para pembalap F1, seperti Vettel, Lewis, Fernando, dan Nico.

Webber juga menyatakan bahwa F1 adalah olahraga yang ia cintai. Bahkan sebelumnya dia tidak membayangkan kalau akan memiliki karier seperti yang ia jalani saat ini. Menurutnya, hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa, sekaligus periode buruk yang cukup berat. Bahkan dia juga menambahkan bahwa sebenarnya orang-orang tahu mengenai hal itu akan terjadi, dan bisa belajar dari hal-hal itu.

Webber menambahkan, kariernya ini sangat ia nikmati. Menurutnya, hal ini merupakan perjalanan yang hebat. Dan hal ini merupakan sesuatu yang ia banggakan,

Selain itu, Webber juga berterimakasih kepada orang-orang yang mempunyai peran spesial di sepanjang kariernya. Bahkan Webber juga mengucapkan terimakasih kepada semua orang di Australia. Menurutnya, dia tidak akan berada di pencapaian yang hebat ini jika tidak mendapatkan dukungan pada permulaan kariernya.

Tahun depan, Webber akan mulai berpetualang di ajang LMP1 Sportcars bersama Porsche.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>