Posisi Runner-Up: Penghargaan untuk Alonso

5.Alonso_Ini (posisi runner-up) adalah penghargaan kecil buat saya_.1

Saat ini, Fernando bagaikan pahlawan bagi klub mobil raksasa, Ferrari. Bagaimana tidak, karena Alonso telah berhasil mengamankan posisi posisi runner-up di kejuaraan balap GP Amerika yang diselenggarakan di Circuit of the Americas (18/11/2013).

Untuk pebalap sekelas Alonso, beberapa orang mungkin menilai bahwa posisi runner-up bukanlah sesuatu yang terlalu membanggakan. Namun jika kita lebih mengamati, Alonso telah memberikan yang terbaik untuk klubnya.

Meski tak begitu banyak membawa pengaruh, posisi runner-up pada kejuaraan tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dicapainya. Alonso sendiri bahkan mengaku bangga atas pencapaian yang diraihnya di Formula 1 pada musim ini dan baginya, posisi runner-up tersebut merupakan sebuah penghargaan kecil untuk dirinya sendiri.

“Saya sangat bangga dengan posisi kedua di klasemen pebalap ini. Ini adalah sebuah penghargaan kecil buat saya, sama halnya dengan menadi orang pertama di belakang Red Bull.” aku pebalap berusia 32 tahun tersebut.

Pencapaian tersebut pantas dihargai mengingat betapa besar usaha yang harus dilakukan dan kesulitan dan harus dilewati.

“Finis di posisi lima besar hari ini merupakan hasil yang sangat positif kalau Anda mempertimbangkan betapa sulitnya akhir pekan ini dan fakta bahwa saya harus start dari sisi kotor dari trek,” cerita Alonso.

Apa yang diucapkan Alonso memang benar adanya, mengingat persaingan yang ketat antar pebalap dan posisi start yang kurang menguntungkan. Dengan faktor-faktor tersebut, Alonso harus melalui kesulitan tersendiri. Keberhasilannya dalam menempati posisi runner-up adalah sesuatu yang sangat membanggakan.

Dengan pencapaiannya tersebut, kini Alonso tak perlu khawatir posisinya bakal tergeser. Setelah finish kelima di GP tersebut, secara otomatis berhasil membuatnya mengumpulkan poin total 227 poin dari 18 seri yang telah diikutinya.

Tak hanya itu, kini Alonso berhasil menguatkan posisinya dengan unggul 40 poin dari Lewis Hamilton, yang menempati posisi ketiga. Dengan selisih mutlak tersebut, untuk saat ini Alonso bisa mengamankan posisinya dari kejaran Hamilton, pebalap asal Inggris tersebut, karena kini hanya tersisa 1 seri lagi (GP Brasil) untuk musim ini.

Meski saat ini posisinya aman, Alonso tak lantas bersantai ria begitu saja. Dia memahami betul akan sangat sulit untuk mempertahankan posisi yang telah diraihnya tersebut, mengingat para pesaingnya yang tak semudah itu dikalahkan.

“Kami sangat menyadari akan sulit mempertahankannya dan bahkan saya dilewati (Sergio) Perez. Pada bagian pertama lomba, kami tidak cepat dan memutuskan untuk menjaga ban dan kemudian menggeber mobil setelah pit spot,” ujar pebalap kelahiran Spanyol tersebut.

“Kami lebih kompetitif dengan ban keras, bisa melewati Peres, dan kemudian (Nico) Hulkenberg. Tapi, meski situasi kami telah membaik dibandingkan Mercedes, kami tak mampu mengalahkan mereka.” jelasnya.

Akankah Alonso mampu mempertahankan “penghargaan kecil”-nya tersebut?

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>