Profil Bintang: Michael Schumacher

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Michael Schumacher adalah seorang pembalap professional di ajang Grand Prix Formula 1. Sepanjang karirnya di Formula 1 Championship, pria yang lahir pada tanggal 3 Januari 1969 ini berhasil menjuarai ajang balapan tercepat di muka bumi ini sebanyak 7 kali. Dan berkat prestasinya yang gemilang di dunia balap F1, Schumi (nama akrab M.Schumacher) bahkan sempat dinobatkan sebagai satu dari pembalap terbaik dunia. Performa terbaiknya adalah saat musim 2002 dimana dirinya menjadi satu-satunya pembalap Formula 1 yang berhasil menjadi 3 terbaik pada setiap laga sepanjang musim.

Lalu bagaimana awalnya hingga Schumi bisa berpartisipasi pada ajang balapan paling bergengsi di muka bumi ini?

Michael Schumacher lahir di Jerman dengan ayah seorang mekanik otomotif. Pada umur 4 tahun, sang ayah memodifikasi kart atau mobil-mobilan kayuh milih Schumi dan menambahkan mesin penggerak kecil padanya. Dan saat Schumi kecil menabrakkan kard modifikasi tersebut ke sebuah kotak pos di pinggir jalan, sang ayah lalu mendaftarkannya pada klub karting yang ada di kotanya, dengan harapan anaknya bisa bermain kart dengan puas dengan lebih aman. Saat itu, Schumi merupakan anggota klub termuda di tempat tersebut.

Melihat potensinya, sang ayah lalu mencoba membuatkannya sebuat mobil kart balap dari sparepart bekas. Dan benar saja, pada umurnya yang ke 6 tahun, Schumi memenangkan kejuaraan pertamanya di klub tersebut. Demi memberi dukungan pada anaknya, sang ayah lalu bekerja paruh waktu pada klub tersebut dalam pernyewaan dan perbaikan mesin kard, sedangkan ibunya bekerja di kantin klub tersebut.

 michael schumacher, berita olahraga, kondisi schumi, F1

Ada saat dimana Schumi membutuhkan sebuah mesin baru seharga 800DM (sekitar 6-7 juta saat ini) untuk balapan yang ingin diikutinya, namun orang tuanya tidak sanggup membelinya. Untungnya, ada seorang bisnisman yang mau memberikan bantuan untuknya sehingga dia bisa ikut balapan tersebut.

Bahkan untuk mengikuti balapan, Schumi sempat harus ke Luxemburg demi mendapat SIM di umurnya yang ke 12 tahun, karena di tempat lain umur minimal adalah 14 tahun.

Pada umurnya yang baru menginjak 13 tahun, Schumi memenangkan German Junior Kart Championship. Dan hingga diumurnya yang ke 15 tahun, yakni 1984, Schumi memnangkan berbagai kompetisi balap kart di Jerman. Dia bergabung dengan tim kart professional Adolf Neubert di tahun 1985, dan 2 tahun kemudian dia menjadi juara kompetisi balapan di Jerman dan Eropa.

Saat itu, dia memutuskan untuk berhenti bersekolah dan lebih focus pada pekerjaannya sebagai mekanik. Dan berkat totalitas dan bakatnya di bidang tersebut, akhirnya Schumi berhasil memulai debutnya di tingkat Formula 3 pada tahun 1989 bersama tim WTS Willi Weber, dan menjadi juara kompetisi setahun kemudian.

Berkat kepiawaiannya berlaga di segala medan terutama di medan basah, membuatnya mendapat julukan sebagai sang Raja Hujan, juga sang Pengendali Hujan. Diluar media Jerman, Schumi mendapat sebutan sebagai Red Baron karena kendaraannya yang berwarna khas merah.

 michael schumacher, berita olahraga, kondisi schumi, F1

 BACA JUGA:

Update Tentang Kondisi Michael Schumacher

Kondisi Schumi Masih Belum Stabil

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>