Sebastian Vettel, Kemenangan Seri Terakhir Formula 1 2013

Australian F1 Grand Prix - Previews

Formula 1 2013 musim ini telah ditutup dan berakhir. Bagi Sebastian Vettel musim ini adalah pertandingan keberuntungan atas hasil jerih payahnya. Kemenangannya di penutupan pertandingan Formula 1 2013 menorehkan kemenangan yang ketigabelas kali untuk dirinya dalam arena GP, Brasil di Sirkuit Interkagos pada Minggu, 24 November 2013 lalu. Tidak hanya Vettel, Mark Webber menjadi orang kedua yang finish setelahnya.

Pertandingan di Interlagos dimulai dengan kondisi semua pembalap menggunakan ban medium terkecuali untuk Jenson Button dan Esteban Gutierrez, mereka lebih memilih ban keras untuk mengikuti pertandingan diputaran awal tersebut.

Nico Rosberg memulai pertandingannya dengan posisi start nomor dua, dia sempat memimpin rombongan diawal putaran tikungan pertama. Dari posisi start ke lima Lewis Hamilton berhasil merengsek maju menjadi posisi ketiga tepat di belakang Vettel, setelah dia berhasil melakukan startnya dengan baik. Berbeda dengan Sebastian Vettel yang sempat kesusahan dan melakukan kesalahan dengan startnya yang tidak terlalu baik. Hal ini menyebabkan Vettel harus kehilangan posisinya atas Nico Rosberg.

Ketertinggalan Vettel tidak berlangsung lama, sete;ah satu putaran Vettel berhasil mengambil alih posisi pertamanya dari Rosberg. Hamilton yang berada di posisi ketiga tergeser oleh Alonso dan Mark Weber. Alonso yang semula berada di posisi ke empat menempati posisi ketiga milik Hamilton, sedangkan Weber menempati posisi ke empat setelah Alonso.

Saat pertandingan putaran keempat berlangsung pembalap asal Perancis Romain Grosjean dengan mobil balapnya terpaksa harus berhenti dan meninggalkan arena balap. Mobil pembalap asal Perancis ini mengalami kerusakan mesin yang menyebabkan mobil tersebut mengeluarkan asap. Pada putaran ini pula Alonso menggeser Rosberg, di putaran enam Vettel berhasil unggul 4,9 detik dari Alonso.

Di Lap 12 Weber berhasil menggeser posisi Alonso sedang Hamilton berhasil menggeser Rosberg dari posisinya. Hamilton berhasil menempati urutan keempat setelah Alonso. Pada lap 24 Vettel memutuskan untuk mengganti ban medium miliknya dengan ban kompon seperti yang telah dilakukan oleh Mark Weber sebelumnya pada Lap 23.

Sebastian Vettel tetap stabil pada lima putaran terakhir sebelum finish, di belakangnya Webber dan Alonso terus mengikuti sebagai posisi kedua dan ketiga, sedangkan untuk posisi keempat diisi oleh Jenson Button. Dengan kecepatan stabil miliknya Vettel berhasil menjadikan dirinya penang pertama dalam ajang balap akhir musim ini dengan menyelesaikan 71 lap GP. Kemenangakan ketigabelas yang ditorehkannya pada musim ini menyaingi rekor yang berhasil ditorehkan oleh Schumacher pada tahun 2004 lalu. Tidak hanya itu, pada musim ini Vettel berhasil menyabet kemenangannya sembilan kali berturut-turut.

Red Bull berpuas diri akhir musim ini, karena bukan hanya Vettel yang berad di posisi utama, Weber berhasil finish mobil nya di lap terakhir dengan mulus dan mendapati posisi kedua. Disusul oleh Alonso di posisi ketiga dan Button diposisi keempat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>