“Jet Darat’ Tuai Kritik Dari Pebalap Dan Penggemar F1

F1 2

Sejak adanya peraturan terbaru di laga F1 terkait dengan tinggi ujung hidung mobil maka produsen mobil untuk laga F1 terpaksa menuruti regulasi tersebut. Alhasil terciptalah model mobil F1 terbaru yang tentu saja bentuk hidungnya berbeda daripada bentuk hidung mobil F1 seri sebelumnya.

Tampilan hidung mobil F1 yang terbaru tampak lebih aneh dibanding model sebelumnya. Perbedaan model hidung mobil F1 yang sangat tidak lazim tersebut tidak hanya ditanggapi negatif oleh sebagian besar penggemar ajan F1 bahkan pebalap Ferrari Fernando Alonso berpandangan negatif terhadap model hidung terbaru dari mobil F1 tersebut. Alonso bahkan memiliki sebutan khusus untuk desain mobil F1 terbaru ini dan menyebutnya dengan nama ‘Jet Darat’.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pada musim ini akan diberlakukan beberapa peraturan baru baik dalam desain exterior mobil Formula 1 maupun dalam peraturan kapasitas bahan bakar. Menurut pihak otoritas Formula 1, adapun perubahan-perubahan ini diberlakukan tak lain adalah untuk menambah daya saing para peserta balapan.

 berita olahraga, mobil F1, F1 2014, aturan baru F1

Hal ini mengingat dalam beberapa musim terakhir minat masyarakat dunia akan ajang balapan Formula 1 sudah mulai turun tajam karena kemenangan selalu didominasi oleh tim tertentu saja. Apalagi pada musim terakhir kemarin, kemenangan sudah bisa dipastikan sejak beberapa laga sebelum musim berakhir. Dan dengan diberlakukannya peraturan baru, diharapkan persaingan akan lebih ketat sehingga seri Formula 1 akan selalu menjadi hiburan yang seru untuk dinikmati.

Sebutan ‘Jet Darat’ ini memang tidak terkesan terlalu mengejek karena memang Alonso tidak berniat mengejek sekalipun dia tidak menyukai desain mobil F1 terbaru ini. Selama ini mobil cepat macam mobil F1 memang bisa melaju kencang bak pesawat jet di lintasan darat maka sebutan ‘Jet Darat’ sebenarnya masih lazim dan bisa dimengerti oleh publik. Akan tetapi sebutan ‘Jet Darat’ ini tampaknya lebih ditujukan pada model hidung mobil F1 terbaru yang kelihatan aneh itu. Model  hidung di mobil F1 yang terbaru tidak mencerminkan gaya aerodinamis karena memiliki moncong hidung yang kecil lalu besar membulat dipangkalnya jadi tampilannya terkesan sangat aneh.

Bagi Alonso ‘Jet Darat’ ini sangat tidak menarik dari segi tampilan sekalipun dia bisa memahami bahwa desain ini dibuat untuk memenuhi persayaratan yang berlaku di F1. Akan tetapi sebenarnya Alonso berharap ada model yang lebih baik lagi untuk hidung mobil F1. Suatu model yang aerodinamis dan menarik untuk dilihat. Tidak itu saja Alonso berharap agar tim teknisi dan mekanik bisa bekerja sama lebih baik lagi untuk menciptakan model yang tidak hanya aerodinamis dan enak dipandang tetapi juga menggabungkan ketangguhan mesin dan kecanggihan teknologi otomotif.Ini penting mengingat banyak penggemar F1 memang sengaja menikmati laga F1 karena alasan tersebut.

 berita olahraga, mobil F1, F1 2014, aturan baru F1

BACA JUGA:

ROSS BRAWN MENYATAKAN PENSIUN DARI FORMULA 1

MASSA PUN ANGKAT BICARA MENGENAI ISU RED BULL

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>