Kritik Terus Mengalir Terhadap Peraturan Baru di F1 2014

peraturan F1

Peraturan dalam ajang F1 semakin mendapat kritik karena dipandang tidak lagi sesuai dengan semangat F1 itu sendiri. Sudah banyak pihak yang menyayangkan sekaligus mengkritik kebijakan peraturan baru yang diterapkan dalam ajang lomba cepat ‘jet darat’ ini. Bahkan mantan pembalap kelas dunia seperti Jack Villeneuve juga menilai hal yang sama. Bagi Villeneuve ajang F1 saat ini sudah tidak seru lagi karena sistem yang digunakan sudah serba otomatis baik dalam pengaturan bahan bakar mesin atau berbagai perangkat elektronik yang digunakan dalam setiap mobil yang berlaga di ajang F1.

Bukan hanya Villeneuve saja karena para desainer mobil F1 sendiri bingung dengan kebijakan yang diterapkan untuk ajang F1 khususnya kebijakan untuk penerapan model ‘hidung’ F1 yang baru. Regulasi yang dikeluarkan oleh FIA yang mulai berlaku untuk musim 2014 ini telah memaksa para desainer untuk memutar otak guna menyesuaikan desain ‘hidung’ F1 dengan peraturan yang diterapkan. Di sisi lainnya para desainer juga harus menyesuaikan fungsi ‘hidung’ F1 dengan fungsi estetika di lintasan dan ini bukanlah perkara yang mudah bagi para desainer mobil F1.

F1 2014, peraturan F1, berita olahraga,

Setelah mendapatkan banyak masukan dan kritik akhirnya FIA mengatakan bahwa mereka akan sedikit melunak untuk musim 2015 mendatang. FIA sendiri mengeluarkan kebijakan regulasi terkait ‘hidung’ mobil F1 dengan alasan keamanan, perihal estetika tampilan masing-masing kendaraan tergantung dari ide kreasi dan perhitungan para desainer dalam masing-masing tim. Pada regulasinya yang terbaru FIA mewajibkan bahwa semua mobil memiliki desain yang aerodinamik dimana dibagian ujung terdepan diawali dengan hidung yang rendah dengan tinggi minimal 185 mm dari tanah dan bodi mobil harus memiliki sasis yang lebih tinggi daripada hidungnya. Ini artinya ketika desain hidung berubah maka berpotensi untuk merubah keseluruhan bodi mobil mulai dari sasis hingga sayap depan maupun belakang.

FIA Technical Team Charlie Whitting telah meloloskan banyak model desain untuk musim 2014 ini bahkan hampir semua desain model yang diajukan sudah diloloskan. Beberapa contoh desain yang sudah disetujui oleh Whitting adalah mobil milik Lotus yang memiliki desain “Garpu” dan desain mobil milik Caterham yang mengambil konsep “hidung ganda”. Bagi FIA tidak menjadi masalah apabila kemudian masing-masing desain mobil F1 bentuknya berbeda karena dalam pandangannya FIA bukanlah desainer jadi apapun desain model yang diajukan akan diterima selama tidak berbahaya.

Akan tetapi Whitting memastikan akan ada perbaikan-perbaikan pada regulasi yang baru khususnya mengenai desain hidung. Rencananya desain hidung untuk kedepannya harus simetris supaya mobil tidak mengadopsi hidung yang erlalu kurus atau terlalu lebar. Ini supaya desain dapat memenuhi unsur estetika dan tetap berada dalam semangat F1.

 F1 2014, peraturan F1, berita olahraga,

BACA JUGA:

Performa Buruk Tim Redbull Di Laga Tes F1

“Jet Darat’ Tuai Kritik Dari Pebalap Dan Penggemar F1

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>