Aksi Unik dan Konyol di Kompetisi MotoGP

Aksi Unik dan Konyol di Kompetisi MotoGP1

Balapan MotoGP bisa dibilang ajang balap motor paling bergengsi di dunia kompetisi otomotif. Jenis olahraga ini berjalan sangat cepat dan sangat berbahaya karena semua pembalap memacu sepeda motornya dengan kecepatan yang ekstrim. Hampir tidak boleh ada ruang untuk kesalahan saat menjalani balapan atau akibatnya bisa fatal, baik bagi pembalap itu sendiri maupun bagi prestasi tim yang dibelanya. Belum lagi persaingan yang sangat ketat antar pembalap di lintasan yang sama, membuat kompetisi olahraga ini menjadi sangat menegangkan.

Namun, ditengah semakin memanasnya aura persaingan antar pembalap serta dibalik tingginya resiko kecelakaan atau cedera yang bisa datang kapan saja, dibalik itu semua ada saja kejadian yang unik dan lucu yang membuat setiap jalannya laga MotoGP selalu saja menarik untuk diikuti. Dan berikut adalah beberapa kejadian yang lucu dan unik yang pernah terjadi di kompetisi MotoGP dunia dari tahun ke tahun.

Motor Mogok saat Start

Hal ini terjadi pada MotoGP pada tahun 2012 lalu di sirkuit San Marino. Pada waktu itu Karel Abraham mengalami motor mogok justru pada saat start. Spontan saja Karel Abraham mengangkat tangannya untuk memberi kode supaya pihak penyelenggara memberikan respon. Pihak penyelenggara lomba menindak lanjuti dengan mengibarkan bendera kuning sebagai tanda bahwa ada motor yang bermasalah di lintasan supaya para pembalap lainnya tidak menabrak pembalap yang bermasalah. Pembalap lainnya bingung karena baik bendera kuning maupun lampu start menyala bersamaan jadi sempat terjadi chaos atau kekacauan di belakang garis start. Untuk memastikan segalanya adil dan fair, lalu pihak penyelenggara memutuskan untuk mengulang start.

olahraga, motogp, aksi unik, aksi koyol, gila balap

Finish yang Epic dan Heroik

Ini terjadi pada MotoGP tahun 2012 di Prancis dimana Julian Simon terjatuh di tikungan terakhir tepat saat Julian Simon hendak menyelesaikan lap terakhir. Garis finish sudah tepat di depan mata namun motor yang dikendarai Julian Simon mogok dan enggan mau diajak kerja sama. Alhasil Julian Simon mau tak mau harus berlari sembari mendorong motornya yang mogok untuk menyelesaikan lap terakhirnya sampai garis finish. Akhirnya Julian Simon berhasil menempati posisi ke-13 dan disambut tepuk tangan oleh para penonton di tribun.

Dikira Sudah Finish

Ini terjadi lagi-lagi pada Julian Simon di MotoGP 125cc di Catalunya pada tahun 2009. Awal dari kejadian menggelikan ini terjadi saat Julian Simon salah baca pit board, sehingga ia mengira pertandingan sudah memasuki lap terakhir dan bahwa dia telah berhasil melewati garis finish untuk pertama kalinya. Tak ayal, ditengah kesalahpahaman yang dia alami, begitu dirinya memacu dan melewati garus finish, Julian Simon pun melakukan selebrasi dengan bangga dan melambatkan motor padahal dia harus menyelesaikan satu putaran lagi. Dan begitu dia menyadari kekonyolannya, segalanya sudah terlambat. Dia pun akhirnya tak mampu mengejar ketertinggalan dan hanya bisa finish di posisi ke-4.

olahraga, motogp, aksi unik, aksi koyol, gila balap

BACA JUGA:

Marquez Bangga Menangi Laga MotoGP, Lorenzo Sesali Kesalahan

Tim Yamaha Siap dan Optimis Hadapi Laga Berikutnya di Austin

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>