Nyaris Masuk Jurang Subhan Aksa Tak Puas

3. Nyaris Masuk Jurang Subhan Aksa Tak Puas 1

Pereli yang berasal dari Indonesia, Subhan Aksa merasa tidak puas dengan uji coba yang ia lakukan menjelang Reli di Inggris. Pasalnya, truk yang mengangkut mobil relinya hampir masuk jurang dan menghabiskan waktu untuk evakuasi karena truk hanya tertahan oleh tiang telepon saja. Pereli dari Tim Bosowa Fastron Rally Team ini sangat kecewa kehilangan waktu yang berharga karena harus mendatangkan petugas dari Manchester untuk memindahkan barang-barang berat.

Karena lamanya proses evakuasi, maka durasi uji coba jalur reli menjadi sangat terpangkas dan ia hanya dapat melakukan ujicoba sepanjang 35km saja dari 65 km yang harus ditempuh. Aksa mengaku bahwa secara teknis uji coba yang terpotong itu tidak berpengaruh apa-apa namun sangat berpengaruh pada persiapan didalam kokpit yang kurang maksimal. Padahal esok paginya sudah masuk ke sesi Recce.

Subhan Aksa  yang berlaga di kelas WRC 2 ini berpasangan dengan navigator Nicola Arena dari Italia berusaha sekeras mungkin untuk melahap trek yang tergolong susah ini karena race akan dilakukan pada malam hari yang berkabut. Oleh sebab itu mereka berdua berusaha memperbaiki performa mobil dan penerangan dimalam hari karena kabut diprediksi hanya memberikan jarak pandang 8 meter saja. Perbaikan yang mereka lakukan adalah dengan menambah lampu kabut dan memberikan lapisan berwarna kuning untuk membuat lampu dapat menembus kabut yang tebal.

Pemberian lapisan kuning pada lampu led adalah untuk mengubah intensitas cahaya. Cahaya kuning lebih kuat intensitasnya untuk menembus kabut daripada lampu warna putih dari led sehingga pereli dapat melihat lebih jauh. Untuk mengurangi resiko karena kurangnya ujicoba, Subhan Aksa melakukan manuver dibeberapa lintasan yang ada untuk mengoreksi setir dan pengambilan sudut di setiap tikungan.

Persiapan matang memang harus dilakukan dengan seksama mengingat reli Inggris ini adalah reli seri terakhir FIA 2013 World Rallt Championship. Untuk menghadapi reli ini Aksa tidak ingin main-main dan tidak menjadi lengah dengan hasil gemilang  yang diraihnya di reli Spanyol seri sebelumnya yang menempatkanya dan Arena finish di posisi empat besar.

Seperti diberitakan Aksa sudah menjalani reli di Spanyol pada tanggal 25/10 kemarin dan balapan dimulai dengan tiga Special Stage yang dilangsungkan di Riudecanyed, Salou Spanyol. Reli ini dilangsungkan pukul delapan waktu setempat dan berlangsung sampai tengah malam dan kemudian dilanjutkan dengan Special Stage keempat yang dilangsungkan paginya.

Pada reli di Spanyol tersebut, Aksa berhasil melakukan setiap special stage dengan baik dan berkat kerjasama yang baik dengan Arena, sang navigator dari Italian, Aksa berhasil menduduki empat besar reli spanyol. Ini sungguh pengalaman dan prestasi yang luar biasa, ungkap Aksa pada media kala itu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>