Wilairot Pindah Ke kejuaraan WSS

Wilairot Pindah Ke kejuaraan WSS

Rataphak Wilairot merupakan pembalap Thailand yang pernah membalap dikelas Moto2, Wilairot bergabung dengan Kejuaraan Dunia 250cc pada tahun 2007 sebagai anggota dari tim Honda Thailand. Wilairot berkompetisi di 2006 Grand Prix Jepang sebagai wild card dan selesai di posisi 10 besar setelah kualifikasi berada di tempat 14. Pada tahun 2006 menjadi Wilairot runner – up di Kejuaraan balap di Jepang. Sehingga pada tahun 2007 Wilairot akan membalap penuh di kelas 250cc yang kini sudah menjadi kelas Moto2.

Wilairot mengundurkan diri di tengah musim balap Moto2 2013 dan digantikan oleh rekan senegaranya Thitipong Warokom, di 2014. Wilairot akan turun balap lagi namun di World Supersport Championship. Wilairot yang masih berusia 25 tahun menyatakan pensiun dini dengan alasan pemulihan cedera yang dikarenakan kecelakaan lalu lintas yang dialaminya sebelum musim balap 2011. Wilairot merupakan pembalap Thailand pertama yang turun full di MotoGP. Wilairot resmi bergabung dengan tim Core PTR Honda untuk tarung di WSS pada tahun 2014 ini, yang menggunakan motor Honda CBR600RR. Wilairot akan ditandemkan dengan dua pembalap yang sudah duluan turun di ajang WSS yaitu Jack Kennedy danNacho Calero. Namun meski satu tim tapi kedua pembalap itu berbeda sponsor dengan Wilairot. Jika Wilairot nama timnya Core PTR Honda, sedang kedua rekannya bernama CIA PTR Honda Tim.

wilairot, kejuaraan wss, balapan

Wilairot menuturkan bahwa dirinya sangat senang bisa membalap untuk Core PTR Honda di Supersport World Championship. Tujuan Wilairot adalah sama, Wilairot ingin balapan di depan dan menantang untuk podium. Wilairot pikir bersama-sama akan dapat melakukan hal yang positif dan dirinya melihat ke depan untuk mengenal tim dan sepeda yang lebih baik. Posisi terbaik yang diperoleh Wilairot dikelas Moto2 dengan hasil terbaik dari keempat pada  balapan Assen Belanda tahun 2010. Dimana Wilairot bersaing di barisan depan untuk pertama kalinya , dan bersaing dengan pembalap top Moto2 seperti Andrea Iannone, Toni Elias dan Thomas Luthi.

Wilairot mulai balap jalanan junior pada usia 5 tahun dan pertama kali memenangkan trofi 50cc motorcross pada usia sepuluh tahun. Wilairot memiliki adik Ratthapong Wilairot yang bersaing di kelas Asia Road Racing Championship SS600. Kini harapan Wilairot msuim perdananya di kejuaraan WSS akan emndapatkan hasil yang positif. Dimana Wilairot sudah memiliki pengalaman yang sudah cukup banyak di dunia balap sehingga tidak akan sulit baginya mengukir prestasi untuk selalu berduel merebut podium. Kini Wilairot hanya butuh kesiapan mental yang kuat untuk menghadapi balap di kejuaraan WSS. Dimana pada balapan Moto2 Wilairot mengendarai motor prototype yang di buat khusus untuk balap di kejuaraan WSS bukan lagi mengendarai motor Prototype akan tetapi mengendarai motor produksi massal yang telah dimodifikasi untuk balap. Kini Wilairot butuh penyesuaian dari kelas Moto2 ke kelas WSS.

wilairot, kejuaraan wss, balapan

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>