Macam-Macam Bendera di Lintasan F1

Macam-Macam Bendera di Lintasan F13

Sirkuit balap untuk Formula 1 atau sering dikenal sebagai F1 sangat panjang dan beberapa diantaranya sangat dibuat berliku. Memang sirkuit dibuat demikian sebagai tantangan bagi para pembalap akan tetapi harus diakui bahwa sangat tidak mudah bagi panitia lomba untuk memonitoring setiap sudut di sirkuit. Aspal sirkuit ada kalanya yang mengelupas dan ini bisa jadi berbahaya bagi para pembalap atau kecelakaan bisa saja menimpa salah seorang pembalap.

Keadaan yang genting tersebut harus segera diinformasikan kepada semua pembalap lainnya agar mereka tidak menjadi korban. Yang menjadi masalah adalah bagaimana cara menginformasikan kepada pembalap lainnya di lintasan yang sangat panjang dan berliku tersebut. Untuk itulah kemudian digunakan bendera sebagai salah satu alat komunikasi semacam kode yang menginformasikan kepada para pembalap. Ada beberapa jenis bendera yang memiliki kode dan arti tertentu dalam lomba F1.

f1, bendera f1, bendera, lintasan, balap

Bendera Kuning

Bendera ini berarti ada pembalap yang mengalami masalah di lintasan bisa jadi mogok atau kecelakaan. Bila bendera hanya diacungkan tidak dikibarkan artinya pembalap yang bermasalah sudah ada dipinggir lintasan, bila dikibarkan artinya si pembalap berhenti di tengah jalan. BIla dua bendera kuning sekaligus artinya jalan ditutup sama sekali karena ada pembalap yang bermasalah.

Bendera Hijau

Bendera ini dikibarkan biasanya setelah bendera kuning sebagai isyarat bahwa jalanan sudah aman untuk dilalui.

Bendera Merah

Artinya semua pembalap harus kembali ke pit dan balapan dihentikan sambil menunggu instruksi berikutnya. Balapan bisa dihentikan pada dasarnya karena lintasan tidak bisa diakses sementara entah karena ada kecelakaan parah atau ada pembalap meninggal di tengah jalan sehingga perlu menutup jalan atau karena hujan deras, dll.

Bendera Bergaris Merah dan Oranye

Artinya pembalap harus ekstra hati-hati karena jalanan bermasalah entah karena hujan lebat, aspal licin karena ada ceceran oil, jalan berpasir dan lain sebagainya.

Bendera Oranye dan Hitam

Menginformasikan bahwa pembalap yang bersangkutan mengalami masalah mekanik dan harus kembali ke pit. Biasanya diikuti dengan papan berisi nomor kendaraan si pembalap yang bermasalah.

Bendera Putih

Artinya ada pembalap harus ekstra hati-hati karena ada kendaraan selain kendaraan balap yang berada di lintasan. Bisa jadi mobil derek, mobil ambulans atau Safety Car.

Bendera Biru

Hak istimewa untuk pembalap utama dimana pembalap lain harus minggir ketika pembalap utama hendak melaju.

Bendera Hitam

Singkatnya berarti penalti, artinya pembalap dikenai hukuman karena melanggar peraturan lomba sehingga harus masuk pit. Biasanya diikuti dengan papan nomor kendaraan yang merujuk pada kendaraan yang bermasalah.

Bendera Kotak-Kotak Hitam-Putih

Artinya lomba telah berakhir. Biasanya bendera ini dikibas-kibaskan hanya untuk pemenang pertama kenudian dipegang statis untuk pembalap kedua dan seterusnya. Ini juga isyarat agar pembalap lainnya masuk ke pit karena lomba sudah usai.

f1, bendera f1, bendera, lintasan, balap

BACA JUGA:

Ferrari Tercepat, Red Bull Masih Bermasalah

Susie Wolff Pembalap Wanita di Era Milenium

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>