Biografi Lengkap Pebalap MotoGP Nicholas Patrick Hayden

Hayden, German MotoGP 2008

Lahir di Owensboro, Kentucky, Amerika, Nicholas Patrick Hayden atau yang lebih dikenal dengan nama Nicky Hayden adalah pebalap motor asal Amerika yang menjalani karir professional sebagai pebalap MotoGP. Nicky Hayden memiliki dua orang saudara laki-laki dan keduanya juga sama-sama berprofesi sebagai pebalap motor yaitu Tomy dan Roger Lee dimana Tomy berkompetisi di ajang AMA sedangkan Roger berkompetisi di kejuaraan Superbike World Championship. Sejak kecil, Nicky sudah dikenalkan dengan dunia balap motor mengingat ayahnya, Earl, sudah mengenalkan dunia balap motor pada putra-putranya. Selain memiliki dua saudara laki-laki, Nicky Hayden juga mempunyai dua saudara perempuan yang bernama Jenny dan Kathleen.

Nicky Hayden memulai debutnya di dunia balap motor pada tahun 1999 dimana dirinya mengikuti kejuaraan AMA dan pada pertama kali keikutsertaannya tersebut, dirinya berhasil menggondol gelar juara AMA 600 Supersport serta berhak mendapat penghargaan AMA Rookie of the Year dan AMA Grand National Dirt Track Rookie of the Year, penghargaan bergengsi yang diperuntukkan untuk pebalap pemula. Gelar juara pertama yang berhasil diraih oleh Nicky sendiri adalah gelar juara dalam kejuaraan AMA Superbike pada tahun 2002. Nicky sendiri tidak hanya berpartisipasi dalam ajang AMA Superbike serta AMA Supersport mengingat dirinya juga aktif mengikuti kejuaraan AMA 750 Superstock serta AMA Formula Extreme. Pada tahun 2003, Nicky membuat keputusan untuk naik kelas dan mulai mengikuti ajang MotoGP.

Nama Nicholas Patrick Hayden mulai dipertimbangkan setelah dirinya secara gemilang mampu merebut gelar juara dunia di ajang MotoGP pada musim 2006 dimana dirinya mengendarai motor Honda. Sayangnya, sampai musim 2011, Nicky masih belum mampu mengulangi suksesnya merebut gelar juara tersebut. Ketika berlaga, Nicky menggunakan nomor 69 pada kendaraan yang ditungganginya, nomor yang sama yang dulu dipakai oleh ayahnya ketika berlaga. Pada akhir musim 2011, Nicky sempat mendapatkan cedera bahu dan dirinya juga mengalami sebuah kecelakaan di California pada bulan Desember 2011.

Selain mengalami kecelakaan di California, Nicky yang dijuluki sebagai The Kentucky Kid juga mengalami cedera pada pergelangan tangannya pada seri terakhir di Valencia musim lalu. Prestasi yang berhasil diraih oleh Nicky sendiri meliputi peringkat 8 di ajang MotoGP pada tahun 2004 dan peringkat 3 di ajang yang sama pada tahun 2005 sebelum memenangi gelar pada tahun 2006 bersama Honda. Sementara itu, pada ajang MotoGP selanjutnya, Nicky berhasil menduduki peringkat ke-8 pada tahun 2007 dan peringkat ke-6 pada tahun 2008. Pada tahun 2009, Nicky Hayden bergabung dengan tim Ducati.

Sejak bergabung dengan tim Ducati pada tahun 2009, Nicky Hayden berhasil menduduki peringkar ke-13 pada tahun pertamanya yaitu tahun 2009 sementara pada tahun 2010, Nicky berhasil meningkatkan prestasi dan menduduki peringkat ke-7. Sementara itu, pada 2011, dirinya berhasil menduduki peringkat ke-8 dalam ajang MotoGP World Grand Prix bersama tim Ducati. Sebagai seorang pebalap kenamaan, Nicky memiliki akun jejaring sosial yang berupa akun Twitter di twitter.com/nickyhayden69 serta sebuah website di alamat www.nickyhayden.com. Jika Anda adalah penggemar Nicholas Patrick Hayden atau Nicky Hayden, Anda bisa mengikuti akun Twitter pebalap tersebut atau mengunjungi website Nicky Hayden untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai sang pebalap.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>