Burgess Buka Satu Rahasia Rossi di Tahun 2013

Burgess Buka Satu Rahasia Rossi di Tahun 2013

Kebersamaan mekanik handal asal Australia, Jeremy Burgess harus berakhir di tahun 2013 bersama Valentino Rossi. Bersama Burgess pada tahun 2000 kala Rossi menjalani debutnya di kelas 500cc yang kini menjadi kelas MotoGP langsung memikat perhatian public. Itu karena Burgess merupakan mantan mekanik juara dunia lima kali kelas 500cc asal Australia Mick Doohan. Pada tahun 1999 Burgess menjadi mekanik dari pembalap Spanyol, Alex Criville. Pada tahun 2000 Valentino Rossi naik ke kelas 500cc yang sebelumnya Rossi menjadi juara dunia di kelas 250cc. Dibawah tim satelit Honda dengan tim Nastro Azzuro Honda, Rossi akan sangat mudah beradaptasi dengan skill yang luar biasa dan didukung dengan mekanik sekaliber Burgess. Rossi mampu beradaptasi dengan baik dengan mengendalikan liarnya Honda  NSR500.

Jerremy Burgess lahir di Adelaide Hills, Australia Selatan, pada 16 April 1953, Burgess merupakan seorang mekanik balap motor Australia dan kerap menangani motor para juara dunia GP 500 dan Motogp. Kepiawaiannya membuat langkah Alex Criville, Michael Doohan, Valentino Rossi, menjadi semakin mudah dalam mengatasi lawan-lawannya. Bersama Burgess Rossi mampu menempati posisi kedua klasemen akhir pembalap dengan mengumpulkan 209 poin, Rossi meraih dua kemenangan dan sepuluh podium pada debutnya di tahun 2000. Hal tersebut merupakan pencapaian yang begitu luar biasa mengingat pada tahun tersebut sangat minim yang namanya perangkat elektronik. Oleh karena itu skill pembalap begitu dominan berbeda dengan kelas MotoGP saat ini dimana 75% motor sudah dilengkapi dengan perangkat elektronik yang begitu canggih. Perangkat-perangkat tersebut diantaranya traksi contro, anti Whelie dan lain sebagainya untuk bisa membuat pembalap lebih nyaman mengendalikan kuda besinya.

rossi

Pada akhir musim 2013 Burgess harus mengakhiri kerjasamanya dengan Valentino Rossi dan digantikan oleh mekanik asal Italia. Menanggapi hasil yang diperoleh Rossi di tahun 2013, Burgess memberikan pernyataannya bahwa Keseimbangan motor Yamaha M1 cocok buat Lorenzo (rekan setim Rossi di musim 2013 dan sebelumnya pada tahun 2008 hingga 2010). Gaya berkendara Rossi tidak memungkinkan menyesuaikan setelan Versi Rossi dengan ban Bridgestone baru yang diperkenalkan tahun 2012. Banyak hal berubah sejak periode Rossi tidak bersama Yamaha, terutama cara mengendara ban depan Bridgestone.

Pengembangan yang di lakukan pada 2008, 2009 dan 2010 tidak bekerja terhadap ban-ban baru. Mungkin Burgess dan Rossi harus menghabiskan waktu sangat lama untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Pengenalan ban baru itu terjadi saat Burgess dan Rossi di Ducati. Faktanya, ban Bridgestone yang diajukan tidak cocok buat Rossi. Namun, karena saat itu Burgess dan Rossi di Ducati, tidak ada masalah. Di tim itu, Rossi menghadapi masalah lebih besar daripada soal ban. Akhirnya, Rossi sendiri bisa menerima ban itu seperti kebanyakan pembalap lain.

 rossi

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>