Casey Stoner Kembali ke MotoGP?

2. Casey Stoner Kembali ke MotoGP 1

Berita mengejutkan datang dari dunia balap MotoGP. Dikabarkan Casey Stoner sedang menjajaki motor  yang dipergunakan untuk MotoGP di Tim Repsol Honda. Dikabarkan juga Stoner sudah menjalani uji coba selama tiga hari bersama Honda di Sirkuit Sportsland Sugo. Juara dunia ini sebenarnya sudah pensiun musim lalu namun kemarin di Sugo Stoner mencoba motor Honda RC 213V 2013 dan 2014.

Padahal sebelumnya, stoner juga dikabarkan mencoba beberapa sesi uji coba di Motego namun selalu terganggu oleh hujan. Namun begitu Stoner tidak juga berkesempatan mencoba Honda Production Racer yang kemudian dijajal oleh Takumi Takahashi. Uji coba ini apakah akan menjadi sinyal dari Stoner untuk kembali race di MotoGP setelah dirinya menyatakan pensiun dari balapan musim lalu.

Namun menurut media setempat, Stoner menjajal motor Honda ini bukan untuk kembali ke dunia balap namun hanya menjadi test rider untuk tim Honda yang sedang merencanakan perbaikan motor yang akan dipergunakan untuk race 2014 musim depan. Masukan Stoner sebagai juara dunia dua kali diperlukan untuk perbaikan dan penyempurnaan motor-motor baru Honda.

Tim honda sendiri mengapresiasi keikutsertaan Casey Stoner dalam uji coba motor mereka dan menyebut Stoner sebagai sumber referensi dan sumber ide demi penyempurnaan motor mereka. Namun demikian hasil catatan waktu ujicoba  Stoner tersebut tidak dirilis ke media. Stoner sendiri mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang sekali bisa kembali menaiki motor balap buatan Honda.

 

Setelah sembilan bulan tidak menaiki motor, bersama motor baru Honda Stoner menemukan keasyikan menunggangi kuda besi lagi dan dia hanya membutuhkan sekejap waktu untuk beradaptasi dengan motor tersebut. Setelah melakukan ujicoba Stoner berkata bahwa motor yang dijajalnya sangat bagus dan kemudian memberikan penilaian dan ide-ide positif terhadap tim Honda.

Rencananya memang motor yang dijajal Stoner akan diperuntukan musim depan dan masih berupa prototype yang belum sempurna, oleh sebab itu Stoner ditugasi menjajalnya dan memberikan penilaiannya. Bagi Casey Stoner ini bukan kali pertama dirinya diminta menjadi test rider Honda karena sebelumnya dia pernah dua kali menjadi test rider Honda. Selain Stoner yang ditugasi untuk mengetest motor baru honda, rider loka juga dilibatkan sebagai komitmen Honda untuk mencetak Pebalap baru.

Honda memang mempersiapkan segala sesuatu dengan baik untuk menghadapi balapan musim depan apalagi kemarin pada race Jepang akhirnya dewan Race Direction menjatuhkan Sanksi pengurangan 25 poin untuk tim karena kesalahan pada race di Australia dimana Marquez didiskualifikasi karena masuk pit terlambat. Selain itu Honda juga telah memperbaiki hal-hal yang bisa menjadikan sumber kecelakaan seperti insiden Aragon dan kini Honda sudah memasang pengaman pada pada kabel kontrol traksi agar tidak mudah rusak.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>