Dominasi Spanyol Di MotoGP

2. Dominasi Spanyol Di MotoGP 2

Spanyol sejak dulu terkenal dengan matador, sebuah olahraga ekstrim yang melibatkan banteng buas dan orang-orang pemberani yang mencoba menaklukkannya. Spanyol juga terkenal dengan prestasi sepakbola dan klub-klub bertabur bintang lapangan hijau yang terbaik didunia. Kini Spanyol juga mendominasi kejuaraan balap MotoGP. Dominasi Spanyol terlihat dari banyaknya pebalap asal negara matador ini dan menjuarai hampir seluruh seri race.

Walau kejuaraan motoGP 2013 sudah selesai dan menobatkan Marc Marquez sebagai juara motoGP 2013 sekaligus juara dunia termuda sepanjang sejarah namun muncul beberapa kekhawatiran bahwa MotoGP akan menjadi suatu kejuaraan yang monoton dan membosankan.Isu ini muncul bukannya tanpa alasan sebab selama ini pemenang race motoGP dan bahkan Moto2 didominasi oleh para pebalap yang berasal dari Spanyol. Sebab lain adalah Cuma ada dua motor pabrikan yang bersaing di motoGP yaitu Honda dan Yamaha yang keduanya juga berasal dari Jepang.

Gejala mulai monotonnya pergelaran balapan MotoGP rupanya mengikuti gejala yang telah terjadi pada F1 dimana terjadi dominasi-dominasi pemenang dan pebalap. Di ajang MotoGP, para pebalap Spanyol (Lorenzo dan Marquez) memborong 17 kemenangan  dari 18 race dan hanya Valentino Rossi yang sekali menyelingi mereka. Dilain pihak, pabrikan Honda dan Yamaha juga mengantongi seluruh 18 race karena pabrikan lain seperti Kawasaki, Suzuki, dan Aprillia belum akan turun di balapan dan Ducati dan pabrikan non-Jepang belum bisa bangkit.

 

Kejadian serupa juga terjadi pada Moto2 dan Moto3 dimana pebalap Spanyol mengemas habis seluruh race. Sebut saja Pol Espargaro, Maverick Vinales dan beberapa pebalap lainnya. Dengan gejala tersebut jelas sekali balapan MotoGP dan race lainnya menjadi semacam kejuaraan dalam negeri Spanyol. Hal ini tidak disukai Dorna dan tak ingin kehilangan fans gara-gara dominasi Spanyol di MotoGP.

Hal  yang sama diamini oleh Herve Poncharal yang merupakan ketua tim Monster Yamaha Tech 3. Seperti Dorna, yang diwakilkan oleh CEOnya Carmelo Expeleta, menginginkan adanya pemenang motoGP dari beberapa negara yang berbeda. Sehingga warna MotoGP semakin semarak. Untuk mengatasi hal tersebut, Dorna juga sering menggelar Red Bull Rookies Cup untuk menjaring para juara dari berbagai negara dan memberi peluang mereka untuk masuk ke dunia MotoGP.

Namun demikian masih sulit untuk mematahkan dominasi Spanyol di Moto GP karena negara ini menangani setiap cabang olahraga dengan sangat serius dan fasilitas yang dibangun juga sangat baik sehingga tidak heran banyak sekali pebalap-pebalap Spanyol yang menjadi juara di arena balapan. Negara ini bahkan sangat sering menggelar kejuaraan balapan dengan tingkat keseriusan yang sama dengan kujuaraan tingkat dunia. Entah sampai kapan dominasi Spanyol ini akan terus berlangsung pada ajang MotoGP, semoga tidak lama lagi keluar juara yang bukan dari Spanyol.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>