Hasil GP Australia, Marquez Diskualifikasi Lorenzo Juara

2.Hasil GP Australia 1

Dari GP Australia yang dilaksanakan kemarin Minggu (20 Oktober 2013) di Philip Island, hasil berbanding terbalik didapat dua rider MotoGP yang sebelumnya diprediksi akan bersaing sengit untuk menjadi juara. Pembalap asal Spanyol, Jorge Lorenzo mampu kembali ke podium dan memenangi GP Australia ini sedangkan Marc Marquez harus menerima kenyataan mendapat diskualifikasi. Marquez sendiri didiskualifikasi terkait dengan keputusannya untuk tak masuk pitstop di lap 10 dimana itu adalah batas akhir pembalap mengganti dengan motor dan ban yang baru.

Adanya penggantian Aspal di sirkuit ini memang menimbulkan beberapa masalah dalam GP Australia kali ini. Mulanya, balapan direncanakan akan dilakukan dengan 27 lap. Jumlah lap ini lalu dirubah oleh Race Direction setelah sesi kualifikasi sebelum lomba pada hari Sabtu. Penggunaan aspal ternyata berpengaruh pada kemampuan daya tahan ban yang dipakai pembalap. Hal ini membuat jumlah putaran yang semula 27 harus dikurangi menjadi 26 karena adanya masalah tersebut. Pengurangan ternyata tak hanya berhenti disitu, Race Direction mengeluarkan keputusan baru mengurangi jumlah total putaran yang ditempuh menjadi hanya 19 dimana tiap pembalap diberi kewajiban untuk mengganti motornya dengan ban yang baru paling sedikit satu kali, yaitu pada putaran ke 9 atau 10.

Sang Juara Jorge Lorenzo, yang sedang berjuang menipiskan jarak poinnya dengan Marquez,  memang dari awal balapan sudah menunjukkan kedigdayaannya. Start dari nomor satu ia memulai balapan ini dengan sangat baik, bersaing ketat dengan Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang start dari urutan ke lima. Ketiga pembalap asal negara matador ini memang melaju kencang meninggalkan rombongan terdekat yang diisi oleh Valentino Rossi, Alvaro Bautista dan Cal Crutchlow dengan jarak yang cukup jauh. Memasuki putaran ke Sembilan, drama menarik mulai terjadi terkait dengan pit stop yang diambil ketiga pembalap terdepan. Dani Pedrosa inisiatif untuk masuk pertama ke pit, sialnya Pedrosa dianggap terlalu cepat di pit stop dan harus turun satu posisi ketika kembali masuk ke arena balapan.

Setelah itu Lorenzo masuk ke pit pada akhir putaran ke 10, dimana itu adalah batas terakhir pembalap diwajibkan mengganti motornya. Disinilah awal mula didiskualifikasinya Marc Marquez, ketika Lorenzo masuk pit, ia justru terus memacu motornya dan membuat dirinya otomatis dihukum. Pembalap lain, Bryan Staring juga mendapat hukuman serupa karena hal ini. Setelah kejadian ini Lorenzo seakan bertanding sendirian karena tidak terkejar pembalap lain. Pembalap yang terdeka, Dani Pedrosa harus puas untuk berada di urutan kedua sementara sang legenda Moto GP, Valentino Rossi menyusul di belakangnya. Hasil ini cukup positif bagi Lorenzo karena dengan demikian poin yang membedakannya dengan Marquez kini menjadi 18 poin.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>