Kecelakaan Ekstrim di Lintasan Balap

3. Kecelakaan Ekstrim di Lintasan Balap 1

Perhelatan MotoGP baru saja selesai dan mengukuhkan Marc Marques sebagai juara dunia termuda sepanjang sejarah MotoGP. Namun Marc Marquez tidak mendapatkan gelar tersebut dengan mudah. Dia harus jatuh beberapa kali dan luka-luka untuk mendapatkan gelar tersebut. Demikian juga dengan para pebalap lain yang juga sering terjatuh. Mereka juga sering mengalami kecelakaan ekstrim di lintasan balap yang kadang merenggut nyawa.

Berikut ini ada beberapa kecelakaan yang termasuk mematikan yang terjadi tidak saja di MotoGP namun terjadi pada  lintasan balap pada umumnya. Yang pertama adalah kecelakaan yang melibatkan Valentino Rossi. Kecelakaan ini terjadi pada tahun 2010 saat diadakannya perhelatan MotoGP Italia. Sirkuit tersebut membawa trauma pada Rossi karena kecelakaan yang dia alami membuat tulang kering kaki kanannya patah dan menyebabkan performanya turun pada tahun-tahun berikutnya.

Kecelakaan ekstrim berikutnya terjadi pada perhelatan Olimpiade 2002 pada cabang Speedway. Adalah Lee Ricardson yang mengalami kecelakaan pada tikungan pertama lintasan karena ada pebalap lain yang memotong jalurnya tanda bisa dihindar. Akibat terpelanting dengan kecepatan tinggi, Lee Richardson  mengalami luka yang sangat parah dan harus mengalami masa penyembuhan yang cukup lama.

Craig Jones adalah korban keganasan lintasan balap berikutnya. Pada ajang World Supersport Championship tahun 2008, Craig Jones harus tewas dalam kecelakaan yang terjadi menjelang garis finish padahal sejak start Jones dan dua pebalap lain saling kejar mengejar. Entah apa sebabnya, Jones mengalami kecelakaan dan tewas. Daijiro Kato adalah pebalap berikutnya yang tewas di lintasan.

Kecelakaan ekstrim di lintasan balap yang melibatkan Daijiro Kato terjadi tahun 2003 saat race di Suzuka, Jepang. Kecelakan yang sangat tragis merenggut nyawa Kato namun sayang tidak ada kamera lintasan yang merekam detik-detik kecelakaan tersebut sehingga inspeksi sulit dilakukan, namun untunglah ada video amatir yang merekam kecelakaan tersebut.

Kecelakaan pada lintasan Grand Prix selanjutnya adalah Luis Carreira, seorang pebalap asal Portugal yang meninggal pada Macau Grand Prix 2002. Kecelakaan ekstrim di lintasan balap ini terjadi karena Luis menabrak dinding pembatas lintasan dengan kecepatan tinggi dan langsung tergeletak tanpa bergerak sedikitpun. Sementara motornya tergeletak dan terbakar didekatnya. Race langsung dihentikan namun nyawa Lous Careira tidak terselamatkan.

Dua kecelakaan ini sangat mirip karena sang rider sama-sama terjatuh dan tergilas rider lain dibelakangnya. Yang pertama adalah Shoya Tomizawa dan kedua adalah Marco Simoncelli. Tomizawa tewas pada GP Italia tahun 2010 di kelas Moto2 sementara Marco Simoncelli  tewas pada Oktober 2011 di GP Malaysia. Nyawa keduanya tidak bisa diselamatkan karena tertabrak dan terlindas rider lain dengan kecepatan tinggi yang datang dari belakang tanpa sempat untuk menghindar lagi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>