Marc Marquez Berjaya di Uji Coba Pramusim 2014

2. Marc Marquez Berjaya di Uji Coba Pramusim 2014 2

Sang juara dunia MotoGP termuda sepanjang sejarah tidak terlalu larut dalam pesta pora kemenangannya karena beberapa hari setelah dinobatkan menjadi juara dunia Marc Marquez telah kembali ngebut di lintasan Valencia dalam rangka uji coba motornya. Uji coba pramusim 2014 ini melibatkan hampir semua pebalap MotoGP baik pebalap lama dan pebalap baru.

Dalam ajang ujicoba pra musim 2014 ini Marquez kembali berjaya dengan mencatatkan waktu tercepat di lintasan. Catatan waktu sang juara dunia ini adalah 1 menit 30,287 detik. Ini adalah hasil dari sesi latihan bebas ketiganya. Catatan ini lebih baik dari sesi kedua yang lebih lambat 0,3 detik. Sementara untuk sesi pertama Marquez tidak ikut serta. Juara dunia ini kembali membuktikan memang dialah yang tercepat di lintasan dan kondisi ini dipermudah dengan absennya Rossi dan Lorenzo dari ajang uji coba ini.

Sementara itu waktu tercepat kedua diraih oleh Rookie Yamaha Tech 3, Bradley Smith. Catatan waktunya cukup menawan yaitu hanya selisih 0,311 detik dari catatan Marc Marquez. Pebalap LCR Honda, Stefan Bradl menempati posisi ketiga dan Dani Pedrosa pada posisi keempat. Pebalap Alvaro Bautista  yang sempat terjatuh di pertengahan sesi menempati posisi kelima dan posisi keenam ditempati oleh juara Moto2 Pol Espargo dari timYamaha Tech 3.

 

Sementara dari tim Ducati, ada Andrea Lannone  yang menempati posisi ketujuh. Sementara itu pebalap Ducati lain yaitu Andrea Dovizioso dan Cal Crurclow hanya menempati posisi sembilan dan sepuluh. Ajang uji coba pra musim ini memang diperuntukan menjajal motor-motor baru yang akan dipergunakan di balapan musim depan. Hasil uji coba ini nantinya akan dipergunakan untuk perbaikan motor agar mendapat setingan yang sangat pas untuk tiap rider.

Oleh sebab itu Marc Marquez tidak mau berlama-lama larut dalam pesta juara dunianya dan langsung kembali fokus pada motornya untuk mendapatkan performa yang paling baik. Untuk musim depan Marquez akan mempunyai dua motor. Yang pertama adalah motor yang sudah dikendarai ni Misano dan satu motor baru yang dibawa khusus untuk tes di Valencia tersebut. Kedua motor yang dipakai adalah RC213V.

Marquez mengakui bahwa dirinya sangat senang dengan kedua motor barunya dan yang terpenting adalah dia merasa nyaman dengan motor-motor tersebut sehingga diharapkan performanya akan meningkat. Dalam pengujian yang hanya selisih sehari dari race terakhir MotoGP 2013 ini dipergunakan untuk pengambilan data-data penting untuk perbaikan motor.

Sementara itu dari kubu Yamaha, Rossi mengatakan bahwa ia sangat puas dengan performa Yamaha M1 terbarunya. Dia berkata bahwa masih ada beberapa pengujian yang berkenaan dengan pengaturan dan penggunaan bahan bakar. Selain itu ada juga perbaikan dalam sistem pengereman motor yang selama musim 2013 kemarin membuat Rossi keteteran dari pebalap lain.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>