Marc Marquez. Pendatang Baru Dan Juara Dunia Termuda Sepanjang Sejarah

Marc Marquez


Berstatus sebagai rookie, Marc Marquez justru berhasil merebut gelar juara dunia MotoGP. Sukses tersebut diperoleh rider yang berusia 20 tahun itu karena dia mempunyai mental yang sangat kuat, serta memiliki sikap dewasa meskipun usianya masih tergolong sangat belia.

Di akhir musim 2013 ini,  Marquez cuma unggul empat poin atas Jorge Lorezo dalam persaingan perebutan gelar juara dunia MotoGP. Jumlah kemenangan Marquez tersebut memang lebih sedikit jika dibanding pesaing utamanya tersebut, tapi Marquez jauh lebih konsisten dan tidak mengalami kecelakaan serta dihantam cedera.

Marquez pun berhasil menjadi rookie pertama yang menjadi juara dunia setelah terahir terjadi di tahun 1978 silam. Sepanjang musim kemarin, penunggang Honda tersebut memang berhasil tampil sangat meyakinkan, dengan raihan 16 kali finis di atas podium – termasuk enam kemenangan –  dari 18 seri yang digelar.

Setelah dia berhasil mengatasi banyaknya tekanan, terutama statusnya sebagai pendatang baru, perjuangan Marquez semakin terasa berat ketika akhir musim. Diskualifikasi yang dia terima di Australia dianggap telah menjadi hantaman besar bagi pembalap kelahiran Barcelona tersebut. Namun berkat mental baja dan semangat juang yang sangat tinggi dia mampu mempertakankan posisi puncak klasemen sampai pada balapan pamungkas di Valencia kemarin.

Menurut Wakil Presiden HRC, Shuhei Nakamoto. Ketika kita melakukan sebuah kesalahan besar di Australia kemarin, orang normal pasti akan merasa sangat marah, memaki, meneriaki dan akhirnya menyalahkan tim. Tapi sikap yang ditunjukan Marc justru sebaliknya. Di Minggu malam tersebut ketika kami selesai makan malam bersama, dia justru tertawa dan mencoba membuat semua orang yang ada disana merasa rileks..

Dia memang sudah terlihat berada di posisi depan ketika di Motegi dan Valencia kemarin, dan tentu saja itu merupakan salah satu karakternya yang istimewa darinya. Dia sangat terlihat seperti memimpin tim ini.

Marc Marquez

Shuhei Nakamoto merasa sangat terkejut ketika tahu bahwa dia seorang bocah yang baru berusia 20 tahun. Jika seandainya dia berusia 25 atau 28 tahun,  maka itu merupakan hal yang sangat wajar. Nakamoto juga secara khusus mengatakan bahwa Marc sudah memiliki kualitas pemimpin besar dan itu sangat impresif.

Seperti kita ketahui sebelumnya, Meski harus menjalani pertarungan dengan Jorge Lorenzo sampai balapan terakhir di Valencia, Marquez pada akhirnya berhasil mengunci gelar juara MotoGP musim 2013. Selain itu, Marquez mencatatkan dirinya sebagai juara dunia MotoGP termuda sepanjang sejarah.

Penampilan yang impresif Marquez di musim 2013 kemarin mengundang banyak pujian dari banyak pihak. Pujian yang terbaru datang dari legenda balap asal Amerika Serikat Kenny Roberts, yang mengatakan bahwa pemuda Spanyol tersebut akan mendominasi MotoGP selama beberapa musim kedepan.

Roberts mengakui bahwa dia sangat terkejut dengan penampilan Marquez di musim 2013 kemarin. Pemuda Spanyol tersebut tampil sangat konsisten dengan 16 kali finis di atas podium dari total 18 balapan. Sayang dia harus gagal naik podium akibat kecelakaan di Italia dan diskualifikasi di Australia.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>