Perebutan Tahta MotoGP di Valencia

2.Perebutan Tahta MotoGP di Valencia 2

Pertandingan MotoGP terkakhir semakin dekat dan  perebutan tahta MotoGP akan semakin sengit di Valencia nanti. Hal ini diungkapkan oleh Nicky Hayden  yang juga pebalap dari tim Ducati. Menurutnya, sangat sulit memprediksi siapa yang akan menjadi juara dunia musim ini mengingat segala sesuatu dapat saja terjadi di Valencia akhir pekan depan, dapat saja Marquez yang menjadi juara dunia atau Jorge Lorenzo, tergantung banyak faktor  yang akan terjadi.

Prediksi ini tidak mungkin melesat karena persaingan memperebutkan juara dunia sudah mulai memanas saat race Jepang kemarin dimana Jorge Lorenzo memacu kuda besinya dengan maksimal dan mampu meninggalkan Marquez yang juga dengan luar biasa memacu motornya untuk menyusul Lorenzo. Saat ini posisi klasemen masih dipuncaki oleh Marquez dengan 318 poin  dan Lorenzo di posisi dua dengan 305 poin. Dengan demikian Marquez akan berpeluang menjadi juara dunia walaupun Lorenzo naik podium pertama dan Marquez di posisi empat.

Menurut Nicky Hayden, race Perebutan tahta motoGP di Valencia akhir pekan depan sangat mirip dengan apa yang pernah dialaminya di GP Valencia tujuh tahun yang lalu dimana Hayden bersaing ketat poin dengan Valentino Rossi. Kala itu Rossi diprediksi menjadi juara dunia karena selisih delapan poin dari Hayden namun nasib mengatakan lain. Rossi yang kala itu sangat bernafsu menjadi juara memacu motornya terlalu kencang dan akhirnya terjatuh. Walau mampu kembali ke lintasan namun akhirnya Rossi hanya mampu finish pada posisi 13 dan Hayden yang finish di posisi 3 menjadi juara dunia 2006.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi hasil akhir MotoGP musim ini dan salah satunya adalah kondisi lintasan Valencia yang pendek dan tikungan yang sangat menantang. Selain itu faktor cuaca juga sangat berpengaruh di Valencia ini. Sementara itu Marquez yang digadang-gadang menjadi juara dunia tidak menunjukkan antusiasme berlebih pada balapan Valencia mendatang. Menurutnya, dirinya memang tidak menargetkan juara karena masih pembalap Rookie di MotoGP.

Marquez mengakui bahwa dirinya tidak sanggup menyusul Lorenzo di Motegi karena cedera yang dialaminya saat melakukan sesi pemanasan minggu pagi. Namun dia menambahkan bahwa posisi kedua sangat penting baginya dan dia sangat puas dapat naik podium dua di Jepang, apalagi Motegi adalah sirkuit baru baginya dan ada masalah dengan pengereman yang Marquez lakukan.

Perebutan tahta motoGP di Valencia pasti akan sangat menarik dan bahkan Marquez juga mengungkapkan hal yang sama. “Oke, 20 poin untuk klasemen. Setelah ini masih ada race Valencia yang pasti sangat menarik’ tukasnya. Jika Marquez berhasil finish paling tidak di posisi empat race Valencia maka sudah jelas dia akan menjadi juara dunia termuda sepanjang sejarah MotoGP setelah Kenny Roberts melakukannya 35 tahun yang lalu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>