Perjalanan Karir Marc Marquez

3. Perjalanan Karir Marc Marquez 2

Siapa yang tak kenal Marquez. Pemuda berusia 20 tahun yang terlahir di Cervera, Lleida, Spanyol pada 17 Februari 1993.  Pemuda ini menjadi sangat terkenal karena karir balapannya yang luar biasa. Pemuda ini adalah juara dunia di balapan kelas 125cc ditahun 2012 dan kemudian juara dunia moto2 pada tahun 2012. Perjalanan karir Marc Marquez dimulai saat dia berumur 15 tahun yaitu saat dia melakukan debutnya pada kelas 125cc di GP Portugal.2008 dan berhasil merebut pole position dan naik podium. Karena hasil tersebut maka dia adalah pebalap termuda spanyol yang pernah pole position dan naik podium pada ajang balapan MotoGP.

Pada musim 2009 Marc Marquez adalah pebalap KTM dan posisi pole pertama dia peroleh saat GP Perancis 2009 pada saat dia masih berumur 16 tahun 89 hari.  Pole berikutnya diraih di GP Spanyol namun naas pada lap pertama dia harus jatuh dan luka karena pipa knalpotnya jatuh dan berada dibawah ban belakang. Sementara itu kemenangan demi kemenangan yang diraihnya dimulai pada saat GP Italia pada Juni 2012 dan kemudian disusul pada GP Inggris, Belanda, dan  Catalan. Kemenangan yang berturut-turut ini membuat Marc Marquez menjadi pembalap termuda  yang memenangkan empat balapan berturut-turut.

Sementara pada GP Jerman 2010 adalah kemenangannya yang kelima dan menjadikannya pebalap pertama yang menang 5 kali berturut-turut setelah Rossi. Pada akhir musim balapan 2010 akhirnya Marc Marquez berhasil menjadi juara dunia termuda kedua setelah Loris Capirossi. Setelah berhasil mengibarkan bendera juara dunia di kelas 125cc maka Marc Marquez ingin naik level dan bertanding di kelas 250cc atau moto2.

Pada tahun berikutnya atau tahun 2011 Perjalanan karir Marc Marquez pindah ke kelas Moto2 sebagai pembalap tunggal di Tim Monlau Competicion. Awal balapan di Moto2 tidak begitu bagus untuk dirinya karena diawali dengan berbagai kecelakaan yang menimpanya. Kemenangan pertama Marc Marquez di kelas Moto2 adalah saat GP Perancis 2011. Setelah itu kemenangan demi kemenangan mulai diraih oleh Marc Marquez.

Beberapa kecelakaan juga mewarnai karir Marc Marquez. Pada GP Australia 2011 Marc Marquez mendapat pinalti tambahan 1 menit dari catatan waktu tercepatnya pada sesi latihan karena dia menabrak Ratthapark Wilairot. Pada tahun 2011 Marc Marquez belum mampu meraih juara dunia karena pada sesi terakhir dia mengalami masalah penglihatan sehingga tidak ikut balapan dan akhirnya juara dunia dipegang oleh Bradl.

Pada tahun 2012 Marc Marquez masih tetap di kelas Moto2  dan dengan usaha yang sangat keras, Marc Marquez berhasil menjadi juara dunia. Ternyata Perjalanan karir Marc Marquez telah lama diperhatikan oleh manager Repsol Honda dan akhirnya Marc Marquez dipinang untuk menjadi pebalap di Repsol Honda menggantikan Casey Stoner. Menjadi Pebalap di Repsol Honda, Marquez berpasangan dengan Dani Pedrosa.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>