Profil Sirkuit Paling Beda Di Dunia, Losail Qatar

Profil Sirkuit Paling Beda di Dunia, Losail Qatar2

Sirkuit merupakan sebuah lintasan untuk para pembalap dalam menjalankan kendaraannya. Dalam sebuah persiapan balapan, Sirkuit adalah salah satu bagian terpenting. Setiap Negara yang telah berhasil ditunjuk sebagai tuan rumah ajang balapan, tentunya memiliki keunikan tersendiri entah dalam hal berbagai tikungannya, desainnya dan bahkan ciri khas kondisi sirkuitnya sendiri. Salah satu sirkuit yang berhasil mencuri perhatian publik adalah Sirkuit Losail Qatar. Seperti yang sudah diketahui bersama, Sirkuit Losail telah resmi untuk ditunjuk sebagai sirkuit pembuka ajang MotoGP 2014 nantinya. Pihak FIM selaku pihak terbesar ajang MotoGP merasa sirkuit Losail memiliki keunikan tersendiri dan menjadi ajang pembuka yang sangat fantastis. Disini saya ingin membagikan informasi tentang keunikan-keunikan di sirkuit Losail Qatar tersebut.

Sirkuit Losail Qatar sendiri ditasbihkan sebagai satu-satunya sirkuit balapan MotoGP yang berada di daerah Timur Tengah. Dalam hal pengerjaannya, Anda pasti terkejut karena untuk bisa menyelesaikan seluruh lintasan tersebut berbeda dengan yang lainnya. Ya, menurut informasi untuk bisa menyelesaikan sirkuit Losail hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun saja. Kabar tersebut memang sungguh mengejutkan, karena biasanya dalam membangun sebuah sirkuit saja membutuhkan waktu yang lumayan lama. Namun pihak pengelola menjelaskan alasannya adalah karena ketika itu, pihaknya telah bekerja sama dengan seribu pekerja pembangunan. Akan tetapi jumlah dana yang telah dikeluarkan tidaklah sedikit. Pihak pengelola mengaku membutuhkan dana segar sebesar Rp 540 Milyar untuk bisa menyelesaikan Sirkuit Losail Qatar dalam waktu satu tahun.

sirkuit losail qatar, moto gp, berita olahraga, sirkuit balapan

Sirkuit Losail Qatar untuk pertama kalinya diperkenalkan ke publik tepatnya pada tanggal 2 Oktober 2004 lalu. Setelah selesai membuka Sirkuit Losail Qatar tersebut, para rider pun langsung melakukan percobaan race hingga menggelar balapan MotoGP pertama pada tanggal itu. Komentar pun bertebaran dari mulut para rider mengenai kondisi Sirkuit Losail Qatar sendiri. Menurut mereka, Sirkuit Losail Qatar memiliki cuaca yang cukup panas daripada yang lain karena memang sirkuit tersebut dibangun pas ditengah gurun pasir. Tercatat suhu di Sirkuit Losail Qatar bisa mencapai 50 derajat.

Permasalahan lainnya di Sirkuit Losail Qatar ialah para rider terkadang merasa banyak pasir beterbangan dimana-mana ketika sedang berbalap. Pihak pengelola menjelaskan bahwa hal itu sudah sering dialami oleh sejumlah pembalap. Tidaknya hanya bisa menghalangi pandangan, namun pasir juga dapat membuat jalan menjadi licin karena tergesek dengan ban motor. Dan jika tidak bisa mengendalikan dengan baik motornya, tentunya akan terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.oleh karena itu, pihak pengelola langsung bertindak dengan cara menanam rumput di hampir setiap pinggir lintasan di Sirkuit Losail Qatar. Pada tahun 2008 lalu, pihak pengelola secara mengejutkan telah mengumumkan akan menyelenggarakan ajang MotoGP di malam hari. Hal tersebut dianggap sebagai sebuah terobosan baru karena ajang balapan di malam hari merupakan yang pertama kalinya semenjak MotoGP bergulir.  Alasan mengapa memilih malam hari, karena pihak pengelola merasa ada perubahan ekstrem terjadi pada cuaca di Qatar umumnya.

 sirkuit losail qatar, moto gp, berita olahraga, sirkuit balapan

BACA JUGA’

‘Pol Espargaro’, Debutan Baru Tim Satelit Tech3

Menyambut Kembalinya Tardozzi Ke Ducati

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>