Rebutan Juara Dunia MotoGP Marquez vs Lorenzo

5. Rebutan Juara Dunia MotoGP Marquez vs Lorenzo 1

Banyak kritikus MotoGP yang memperkirakan bahwa balapan Jepang esok adalah balapan yang paling seru dari semua balapan yang sudah dijalani musim ini. Pasalnya Lorenzo akan semakin getol untuk memacu motornya sampai rpm puncak untuk memenangi race Motegi agar peluang dirinya menjadi juara dunia semakin terbuka lebar. Optimisme Jorge Lorenzo ini bukannya tanpa alasan, apalagi selisih poin Marquez vs Lorenzo semakin dekat

Sejak race Philip Island pekan lalu, chance atau kesempatan Lorenzo untuk menjadi juara dunia naik dari 2% menjadi 30% dan itu adalah akibat didiskualifikasinya marc Marquez pada lap kesebelas di Australia. Hal ini adalah kesalahan Repsol Honda yang gagal memahami aturan Race Direction di Australia. Dengan Marquez tidak mendapat poin maka selisihi poin Lorenzo dan Marquez hanya tinggal 18 poin dan masih ada kesempatan Lorenzo menjadi juara dunia dnegan sisa dua balapan lagi.

Jika sebelum race Australia Lorenzo hanya punya 2% persen kesempatan untuk menjadi juara dunia karena selisih poin yang sangat besar yaitu 43, maka akhir pekan besok Lorenzo dipastikan akan “Nothing to Lose”. Dia tidak ada yang dipertaruhkan karena pada kalkulasi awal memang dirinya hanya mempunyai 2% kesempatan menjadi juara dunia namun dia berjanji untuk melakukan usaha terkerasnya untuk memenangi race Jepang besok.

5.  2

Dapat diprediksi bahwa race Motegi hari minggu besok akan menjadi balapan yang agresif karena persaingan Marquez vs Lorenzo yang sama-sama ingin mendapatkan gelar juara dunia MotoGP 2013. Lorenzo yang sudah berjanji tampil all out dan tanpa beban sementara Marquez akan tampil all out dan ngotot agar gelar juara dunia yang hampir ditanganya tidak hilang begitu saja.

Namun perlu diingat, ada banyak hal yang dapat terjadi pada sisa dua race di Jepang dan Valencia dua pekan berselang. Masih ada kemungkinan para pebalap ini tidak masuk finish karena kesalahan mesin atau kecelakaan. Namun yang pasti adalah semua pebalap akan berusaha sebaik mungkin dan tidak saja persaingan Marquez dan Lorenzo yang menarik karena pebalap dari pabrikan lain juga akan berusaha lebih keras, sebut saja Ducati.

Pabrikan Ducati dengan ridernya, Dovizioso juga berjanji akan memberikan usaha terbaiknya untuk menambah sengit persaingan. Ducati yang biasanya lebih baik pada cuaca dingin akan memberikan beban berat pada para pebalap lain apalagi Dovizioso sangat menyukai lintasan Motegi ini. Dirinya berharap dapat menyodok kedepan dan minimal naik podium di Jepang ini.

Tapi seperti kata pengamat MotoGP, sirkuit Jepang ini milik pabrikan Jepang seperti Honda dan Yamaha dan keduanya telah terwakilkan oleh persaingan Marquez vs Lorenzo. Mari kita tunggu saja besok minggu apakah Marquez mampu merebut juara dunia MotoGP di Motegi ini atau tidak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>