Sirkuit MotoGP dan Keunikannya

Siapa yang tak kenal balapan MotoGP? Balap motor kelas wahid yang paling prestisius di dunia. Pembalapnya sangat populer dan balapannya selalu disaksikan oleh jutaan pasang mata di seluruh dunia. Pemenangnya akan selalu dinantikan.

Tahun 2013 ini, MotoGP hanya menyisakan tiga seri. Persaingan juara dunia masih panas. Nah, mau tahu di sirkuit mana saja para pembalap ini bersaing? Mari kita lihat sirkuit-sirkuit tersebut dan apa saja keunikan mereka.

Losail International Circuit

Terletak di Doha, ibukota Qatar, sirkuit ini menjadi sirkuit MotoGP pertama yang menyelenggarakan race pada malam hari. Trek lurus sirkuit ini lebih dari 1.000 meter (tepatnya 1.068 meter) dengan total satu lap sepanjang5.380 meter. Pencahayaan malam di sirkuit ini yang sangat spektakuler menjadikan Losail sebagai agenda paling ditunggu di kalender MotoGP.

Jerez Spanyol

Dalam perjalanan balap, nama sirkuit Jerez tak bisa dilupakan. Sirkuit ini dibangun pada tahun 1986, telah sangat lama melahirkan pembalap-pembalap berbakat. Sirkuit ini menjadi sirkuit favorit tim untuk melakukan uji coba motor karena fasilitas dan menara kontrol yang sangat baik.

Motegi Jepang

Jepang memang memiliki sejarah yang sangat kental dengan MotoGP, tidak hanya dominasi pabrikannya tapi juga pembalapnya. Sirkuit Motegi ini sempat mengalami masalah dan boikot karena letaknya yang dekat dengan pembangkit nuklir Fukushima yang memancarkan radiasi. GP Jepang pernah akan dipindahkan kembali ke Suzuka, sirkuit yang juga pernah menggelar MotoGP sebelumnya. Pada tahun 2013, Motegi tetap masuk kalender MotoGP. Atraksi utama sirkuit ini adalah Twin Rings-nya.

Estoril Portugal

Banyak sirkuit di Eropa yang digunakan untuk MotoGP dan Estoril adalah salah satunya. Keunikan sirkuit sepanjang 4.182 meter ini adalah pada tikungannya. Jika Anda mau menyaksikan pembalap MotoGP untuk gigi dengan kemampuan balap mereka, race Estoril tak boleh Anda lewatkan. Tikungan sirkuit ini menuntut kemampuan mengerem yang sangat baik.

Le Mans Perancis

Le Mans merupakan sirkuit yang telah memiliki sejarah sangat panjang sejak pertama kali dibangun pada tahun 1965. Berbagai balapan telah digelar di sirkuit sepanjang 4.180 meter ini. Pada tahun 1995, terjadi kecelakaan serius yang melibatkan pembalap Alberto Puig yang menuntut perbaikan pada sirkuit ini. Terakhir kali, sirkuit ini dimodifikasi pada tahun 2008.

Catalunya dan Valencia, Spanyol

Selain Jerez, ada Valencia dan Catalunya, sirkuit Spanyol yang masuk dalam kalender MotoGP. Catalunya berada di Barcelona dan merupakan ‘rumah’ bagi banyak pembalap dunia yang berasal dari Spanyol. Mereka mengawali karier-nya dari sirkuit ini. Selain itu, ada sirkuit Valencia yang seringkali menjadi race penutup akhir musim MotoGP, tempat juara dunia merayakan kemenangannya secara resmi.

Silverstone,  Inggris

Sirkuit ini tergolong baru masuk ke kalender MotoGP. Keunikannya adalah trek Silverstone adalah salah satu trek tercepat MotoGP padahal panjang trek-nya adalah 5,906 meter, salah satu yang terpanjang di MotoGP. Terakhir kali sirkuit ini dimodifikasi pada tahun 2010. Selain itu, ada sirkuit Assen di Belanda, Mugello di Italia, dan Sepang Malaysia di mana pembalap Marco Simoncelli meninggal karena kecelakaan saat balapan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>