Valentino Rossi dan Motor Bersejarahnya

3. Valentino Rossi dan Motor Bersejarahnya1

Kehebatan penampilan Valentino Rossi di sirkuit Moto GP sudah tidak diragukan lagi. Salah satu hal yang mendukung performanya di lintasan adalah motor yang ditungganginya selama berlaga. Ada beberapa motor yang memiliki performa sempurna hingga menghantarkan The Doctors tersebut menjadi pembalap Moto GP tersukses sepanjang sejarah.

Motor pertama yang mengantarkan dirinya juara adalah Aprilia RS 125. Tunggangan Rossi yang satu ini sangatlah bersejarah karena motor ini merupakan motor pertama yang ia gunakan saat pertama kali tampil di ajang Moto GP. Sesuai dengan namanya, motor ini berkapasitas 125cc dan digunakan pertama kali di tahun 1996.

Saat itu, Rossi hanya mampu duduk di posisi ke 9 klasemen akhir. Gelar juara bersama motor ini baru ia raih setahun kemudian. Selain motor bersejarah tersebut, Valentino Rossi juga pernah merasakan sukses kala menunggangi Aprilia RS 250. Motor ini ia geber saat naik ke kelas 250cc. Sama dengan performanya di kelas 125cc, dengan motor barunya tersebut riders ini hanya mampu menjadi runner up.

Kala itu, pria kelahiran Urbino ini berlaga bersama tim bernama Nastro Azzuro Aprilia Granprix Racing. Baru ditahun 1999 atau di tahun keduanya mengendarai Aprilia RS 250, ia berhasil menjadi juara. Aprilia bukanlah motor satu-satunya yang digunakan Valentino Rossi saat berlaga di sirkuit. Contohnya, saat Rossi berhasil melenggang ke kelas paling bergengsi yaitu kelas 500cc.

Kala itu, ia menggunakan motor Honda NSR 500. Hasilnya tidak sia-sia, karena pada tahun 2001 Rossi berhasil menjadi yang terbaik di kelas tersebut. Ia berhasil meraup poin 355 dari 16 seri. poin tersebut mengukuhkan Rossi sebagai juara kelas 500cc. Setahun kemudian, patokan regulasi berubah dan tidak lagi menggunakan kelas 500cc.

Setelah berganti menjadi Moto GP, Valentino Rossi yang sudah bergabung dengan tim Honda HRC mengganti tunggangangnya menjadi Honda RC211V. Motor ini berkapasitas 990cc  dengan mesin V engine empat langkahnya. Rupanya, kuda besi ini sangat bersahabat dengan Rossi. Ini terlihat dari performanya yang semakin membaik dan membawanya keluar sebagai juara di tahun pertama.

Tidak tanggung-tanggung Rossi kembali menjadi juara di tahun berikutnya. Sayangnya, setelah 2 musim membela tim Honda, Rossi memutuskan untuk hengkang dan membela pabrikan Yamaha. Di sana, Rossi mendapatkan kuda besi baru yaitu Yamaha YZR M1 dengan kapasitas 800cc.

Keputusan yang kontroversial tersebut ia jawab dengan menjadi juara pada ajang Moto GP di tahun pertamanya bersama Yamaha. Saat itu, ia bersama dengan tim Gauloises Fortuna. Valentino Rossi berhasil mengantongi poin 304 dari 16 seri. Poin tersebut akhirnya tidak tersaingi dan The Doctors kembali menjadi juara.

Terbukti, performa tangguh Rossi juga sangat didukung oleh performa motornya. Semua motor tersebut pastinya memiliki sejarah tersendiri bagi The Doctors.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>