Newey Dan Konyolnya Sistem Poin Ganda Di Laga F1

F1

Regulasi dalam laga F1 semakin membingungkan dan tidak jelas baik bagi tim dan pembalap yang berlaga maupun bagi penggemar ajang F1 semakin dibuat bingung dengan berbagai regulasi yang dikeluarkan dalam lomba F1. Bahkan tak jarang beberapa kebijakan dan regulasi F1 tersebut menuai kritik baik dari pemain, tim maupun penggemar F1 di seluruh dunia. Salah satu hal yang sangat disoroti bahkan dikritik dalam regulasi tersebut adalah aturan mengenai sistem poin dobel yang akan diberlakukan pada F1 tahun ini. Kritik tersebut kali ini dilontarkan oleh kepala urusan teknis dari tim Redbull Adrian Newey. Bagi Newey sistem poin dobel ini terlalu artifisial dan bisa membuat laga F1 seperti laga kacangan.

Jauh-jauh hari yang lalu tim Redbull melalui prinsipalnya Christian Horner sudah mengingatkan bahwa penerapan sistem poin dobel ini bisa jadi berbahaya dan menjadi boomerang bagi laga F1 sendiri. Indikasi bahaya tersebut paling tidak bisa dilihat dari soliditas dimana kemudian muncul kubu pro dan kubu yang kontra dengan kebijakan regulasi terbaru tersebut. Apa yang dilontarkan oleh Horner kemudian diikuti oleh Newey, sekalipun Newey tidak berbicara mewakili timnya tetapi ia juga mengingatkan hal yang kurang lebih sama.

Di mata Newey regulasi sistem point dobel ini sangat artifisial dimana di kala pembalap mendapat poin dobel atau poin ganda pada seri terakhir yang dijalaninya. Jadi sang juara akan mendapatkan sebanyak 50 poin lalu juara dua atau runner up akan mendapatkan 35 poin dan seterusnya sampai pembalap yang ke-10 mendapatkan 2 poin.

 F1, adrian newey, berita bola, berita olahraga

Sekalipun memandang bahwa aturan terbaru ini terkesan aneh akan tetapi Newey tidak bisa berbuat banyak karena ia yakin bahwa regulasi ini sudah disepakati dan akan tetap diterapkan untuk musim ini. kelangsungan regulasi terbaru ini sendiri masih menunggu respon dari publik dan ini dilakukan dalam evaluasi setelah laga musim ini berakhir. Newey berpendapat bahwa salah satu indikator dari bahwa regulasi ini tidak akan diubah adalah apabila tidak ada protes dari publik penggemar F1 dan jumlah penontonnya bertambah.

Regulasi mengenai poin ganda ini sendiri sudah menuai pro dan kontra sejak pertama kali dipublikasikan dan disetujui oleh FIA. Alasan utama dari pemberlakuan regulasi ini adalah untuk mendongkrak rating TV karena dinilai F1 sudah terlalu monoton. Disamping itu regulasi ini juga diharapkan agar membuat para pembalap lebih kompetitif. Secara umum hampir semua pembalap dan tim mereka ada di posisi yang kontra dengan kebijakan regulasi terbaru ini. Di satu sisi lainnya pihak stasiun TV atau pemilih hak siar yang menanyangkan ajang F1 berada di posisi pro atau mendukung kebijakan regulasi terbaru ini dengan harapan dapat mengembalikan rating tayangan laga F1.

F1, adrian newey, berita bola, berita olahraga

BACA JUGA:

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>