Peraturan Poin Dobel Akan Tetap Diberlakukan Mulai Musim F1 2014 Ini

poin double F1

Seolah tidak memperdulikan protes dan keberatan yang dilayangkan oleh banyak pihak, akhirnya komisi F1 dan otoritas balap dunia tetap pada rencana semula, yakni mulai memberlakukan peraturan poin dobel pada musim ini. Walaupun pada beberapa waktu lalu, tepatnya sebelum natal tahun lalu Bernnie Ecclestone sempat menyatakan bahwa peraturan poin dobel masih sangat mungkin untuk di batalkan, namun keputusan akhir yang baru-baru ini beliau sampaikan cukup membuat banyak pihak terkaget-kaget dan mengkritik tajam kebijakan tersebut.

Adapun opsi pemberlakuan poin dobel ini diambil berawal dari ketimpangan yang terjadi pada Formula 1 musim tahun-tahun sebelumnya, yang kemenangannya sudah hampir bisa dipastikan beberapa sesi sebelum musim berakhir. Dan dengan diberlakukannya peraturan poin dobel ini diharapkan akan membuat sesi balapan menjadi lebih kompetitif. Namun begitu, dengan keputusan yang sudah diambil oleh pihal otoritas formula 1 dunia, kini pertanyaan yang masih mengganjal adalah, pada berapa sesi balapan peraturan ini akan diberlakukan? Lalu pada balapan mana saja?

 F1, aturan F1, berita olahraga, poin double F1

Ditanya mengenai pertanyaan tersebut, Ecclestone menyatakan bahwa pihaknya masih akan melakukan pengkajian dan pembahasan bersama dengan F1 Strategy Group pada bulan ini. Disitu akan dibahas tentang berapa kali idealnya peraturan poin dobel akan diberlakukan dalam musim ini, dan juga untuk menentukan pada sesi balap mana saja yang sekiranya peraturan poin dobel akan benar-benar membuat balapan musim ini menjadi jauh lebih kompetitif. Well, ini adalah keputusan yang sangat sulit mengingat banyaknya hal yang harus dipertimbangkan.

Dan masih menurut Ecclestone, dirinya sudah memiliki perkiraan bahwa idealnya peraturan poin dobel akan diberlakukan sebanyak 3 kali pada musim 2014 ini. Dengan 3 kali poin dobel, Ecclestone percaya bahwa ajang balapan tahun ini akan jauh lebih kompetitif dari sebelumnya. Beliau menghimbau kepada semua pihak yang berpartisipasi pada ajang balapan Formula 1 ini untuk lebih cepat mengambil sikap. Dengan pengambilan sikap sesegera mungkin, maka akan tercapai kesepakatan bulat sehingga pihak otoritas Formula 1 bisa mulai membuat ancang-ancang pemberlakuan poin tersebut.

Di akhir tahun kemarin, FIA pun sempat melontarkan pernyataannya bahwa pada akhir musim 2014 ini, yakni pada sesi Abu Dhabi, rencananya akan diberlakukan peraturan poin dobel untuk meningkatkan persaingan diantara pembalap. Keputusan ini diambil setelah pada akhir musim tahun kemarin, Formula 1 mengalami kemerosotan peminatnya karena sejak beberapa sesi sebelum musim berakhir, poin kemenangan sudah berada ditangan Sebastian Vettel dan Red Bull. Dampaknya adalah menurunnya rating tayangan Formula 1  secara drastic dalam beberapa sesi terakhir, yang membuat pihak pemilik hak siar menjadi kelabakan. Dan itulah sebabnya, para pemilik hak siar sangat mendukung adanya kebijakan poin dobel tersebut demi mengembalikan rating tayangan Formula 1 mereka.

 F1, aturan F1, berita olahraga, poin double F1

BACA JUGA:

Ambisi Baru Ron Dennis Bersama McLaren

Tim Mercedes Pesimis Di F1 2014

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>