Ross Brawn Menyatakan Pensiun Dari Formula 1

rose brawn

Setelah dikabarkan mengundurkan diri dari Williams untuk beristirahat, kini secara mengejutkan Ross Brawn mengumumkan keputusan dirinya untuk pensiun. Dia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan tidak lagi menggeluti dunia Formula 1, yaitu dunia balapan yang telah melambungkan namanya.

Kabar ini cukup mengejutkan mengingat santernya spekulasi dan pemberitaan yang mencoba untuk mengetahui alasan sebenarnya pengunduran diri Ross Brawn dari Williams. Walaupun secara jelas Brawn menyatakan ingin beristirahat sejenak dari euphoria Formula 1 untuk beberapa bulan, namun beberapa pihak tidak serta-merta mempercayai hal tersebut. Bahkan tidak sedikit yang menilai bahwa keputusan pengunduran diri Ross Brawn tak lain adalah taktiknya untuk memuluskan langkahnya pindah ke tim yang lebih besar, ke McLaren misalnya. Namun semua spekulasi dan rumor tersebut kandas sudah.

Dalam jumpa persnya, Brawn mengungkapkan bahwa pengunduran dirinya ini bukan sekedar bualan atau kata-kata semata. Alih-alih akan terus mengikuti perkembangan Formula 1 dari balik layar, Brawn malah berencana untuk menghabiskan 1 tahun pertamannya setelah cuti dengan kehidupan yang tenang dan memancing sepanjang hari. Dan setelah itu, barulah dia akan melihat apa yang akan terjadi.

 rose brawn, F1, berita olahraga, berita F1

Saat ditanya oleh media Crash tentang rencana pensiunnya, pria berkebangsaan Inggris ini pun mengungkapkan bahwa sudah sejak lama dirinya menantikan hari ini (masa pensiunnya). Dan dia tidak memikirkan rencana lain untuk kedepannya. Bisa jadi pria berusia 59 tahun ini akan benar-benar mengasingkan diri di suatu tempat dan menghabiskan hari-hari tenangnya dengan memancing.

Untuk saat ini, Brawn benar-benar tidak ada rencana untuk kembali ke dunia Formula 1. Ini patut untuk dihargai mengingat dirinya telah mendedikasikan lebih dari separuh usianya untuk dunia Formula 1. Dan kini di usia pensiunnya dia ingin menikmati kehidupan yang tenang dan damai.

Brawn memulai karirnya di dunia Formula 1 dengan menjadi direktur teknis di Williams, lalu pindah ke Bennetton beberapa tahun kemudian. Bersama Schumi, dia pernah membawa timnya menjadi juara dunia sebanyak 2 kali. Dan keputusannya untuk pindah bersama Schumi ke kubu Ferrari juga diakuinya merupakan keputusan terbaiknya selama berada di dunia Formula 1. Kembali bersama Schumi, namun dengan bendera berbeda, mereka berhasil membawa Ferrari sebagai kekuatan yang mendominasi Formula 1 hingga awal 2000-an.

Setelah itu, Brawn pun memutuskan untuk menjajal kekuatan baru dunia Formula 1, Honda. Disini dia berperan sebagai principal tim. Namun kiprahnya bersama Honda tidaklah lama. Pada tahun 2008. tim Honda dimana dia bernaung menyatakan untuk menghentikan keikutsertaannya dalam ajang Formula 1. Brawn melihatnya sebagai peluang dan memutuskan untuk membeli tim Honda tersebut. Dia lantas mengubah tim lama Honda menjadi tim Brawn GP. Berkat tangan dinginnya, dia berhasil membawa Brawn GP menjadi juara dunia konstruktor dan pebalap. Melihat potensi yang besar pada Brawn GP, akhirnya Mercedes mengakuisisi Brawn GP pada tahun 2010.

 rose brawn, F1, berita olahraga, berita F1

BACA JUGA:

Schumacher Mulai Menunjukkan Tanda-Tanda Siuman

Peraturan Poin Dobel Akan Tetap Diberlakukan Mulai Musim F1 2014 Ini

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>