Sirkuit Bersejarah yang Masih Bertahan Hingga Kini

Sirkuit Bersejarah yang Masih Bertahan Hingga Kini1

Seperti halnya cabang olahraga lainnya cabang olahraga otomotif juga memiliki sejarahnya sendiri terutama lomba balapan. Dalam sejarah lomba balap ada beberapa sirkuit yang bersejarah dan menjadi saksi bisu sejak masa-masa awal lomba balap otomotif mulai digelar dan diperkenalkan ke public. Bahkan, masih banyak diantaranya yang sampai sekarang difungsikan atau digunakan secara aktif untuk menghelat ajang lomba balap otomotif kelas dunia

Dan sebagai seorang pecinta olahraga otomotif, tidak ada salahnya apabila anda mengetahui beberapa fakta dan informasi unik mengenai olahraga balapan ini beserta sirkuit-sirkuitnya yang memiliki sejarah khusus. Berikut adalah beberapa sirkuit bersejarah yang hingga kini masih digunakan.

Isle of Man

Sirkuit ini terletak di The Isle of Man, suatu pulau di antara Irlandia dan Inggris, yang memiliki sistem pemerintahan, perpajakan dan hukum sendiri. Sirkuit ini memiliki panjang 37.5 mil dengan total 200 tikungan.

Pertama kali sirkuit ini dibuka pada tahun 1907 dan sampai sekarangpun masih digunakan untuk berbagai lomba balap otomotif. Sekalipun sirkuit ini memiliki track yang relatif mudah sehingga para pembalap bisa ngebut sepuasnya namun dibalik itu sirkuit ini justru terkenal sangat berbahaya karena tercatat sudah 237 pembalap yang tewas di lintasan ini. Beberapa ada yang meninggal seketika, beberapa juga meninggal setelah menjalani perawatan yang intensif setelah mengalami kecelakaan di sirkuit ini.

Indianapolis

balap, sirkuit, bersejarah, f1, moto gp

Sirkuit ini terletak di Indianapolis, Amerika Serikat dan termasuk salah satu sirkuit paling tua dan bersejarah di dunia otomotif. Sirkuit ini mulai dibangun pada tahun 1909 dengan desain track yang sangat unik. Berbeda dari sirkuit kebanyakan sirkuit Indianapolis memiliki landasan track di garis finish yang berbentuk batu bata yang halus dan tertata rapi.

Sekalipun banyak digunakan untuk berbagai lomba balap mulai dari MotoGP, GP F1 hingga NASCAR tampaknya tak ada keinginan bagi pengelola sirkuit untuk mengganti batu bata bersejarah tersebut. Menurut penuturan beberapa sumber, lintasan bata yang unik tersebut sudah merupakan ciri khas dari sirkuit kebanggaan warga Indianapolis tersebut, sehingga mereka sepakat untuk tidak menggantinya walau apapun yang terjadi.

Silverstone

Sirkuit ini terletak di Inggris dan pertama kali dibuka pada tahun 1948. Ini adalah sirkuit yang menjadi saksi bisu kelahiran turnamen balap Formula 1 yang dibuka pada tahun 1950. Pada awalnya sirkuit ini tidak digunakan untuk balap otomotif karena bentuk awalnya adalah lahan untuk bekas lapangan terbang angkatan udara Inggris Raya. Berbagai cara dilakukan untuk mendesain ulang supaya sirkuit ini tampak seperti sirkuit balap, bukan lapangan terbang dan usaha ini dapat diwujudkan melalui renovasi besar-besaran yang dilakukan pada lahan bekas lapangan terbang tersebut pada tahun 2010. Dan hingga kini, Silverstone menjadi salah satu ikon dunia otomotif Inggris.

balap, sirkuit, bersejarah, f1, moto gp

BACA JUGA:

Bahrain Ingin Michael Schumacher Jadi Nama Lintasan di Sirkuit Sakhir

Sirkuit Paling Berbahaya dalam laga MotoGP

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>