Sirkuit Paling Berbahaya dalam laga MotoGP

Sirkuit Paling Berbahaya dalam laga MotoGP1

Menjadi seorang rider atau pembalap motor untuk ajang bergengsi seperti MotoGP tentu saja tidak mudah sama sekali. Siapapun yang berlaga di ajang motor terbesar di dunia ini harus memiliki teknik membalap yang bagus, strategi dan intuisi untuk menjadi yang tercepat dan yang paling penting adalah memiliki nyali besar untuk memacu motor sekencang-kencangnya dengan resiko kalah atau terjatuh dan cedera.

Sebenarnya pembalap membutuhkan lebih dari sekedar teknik membalap, strategi dan nyali tetapi pembalap juga membutuhkan konsentrasi dan daya ingat yang tinggi terhadap lintasan sirkuit. Mengenali medan sirkuit untuk bertanding adalah sangat penting bagi para pembalap mengingat mereka melaju sangat cepat jadi mereka perlu tahu kapan saat mengurangi kecepatan, mengerem atau kapan mereka harus memacu motor sekencang-kencangnya. Memang semua sirkuit memiliki lintasan yang berbeda dan sekalipun para pembalap sudah mempelajarinya masih saja banyak pembalap yang mengalami kecelakaan. Berikut ini adalah beberapa sirkuit yang dikenal cukup berat bagi para pembalap MotoGP.

Belanda memiliki sirkuit Assen yang bisa dibilang termasuk sirkuit yang berbahaya bagi para pembalap. Sirkuit ini jugalah yang belakangan ini membuat Lorenzo terjerembab sehingga mengalami cedera patau tulang selangka dan harus dioperasi. Sirkuit ini memiliki tikungan yang nyaris berputar bentuknya dan ini bisa membahayakan si pembalap apabila tidak berhati-hati.

f1, motogp, sirkuit, berbahaya, balap

Sirkuit Catalunya bisa dibilang relative sederhana namun siapa sangka sirkuit ini banyak memproduksi kasus kecelakaan karena banyak pembalap yang berjatuhan di lintasan ini. Catalunya sebenarnya memiliki track lurus yang lumayan banyak tetapi juga memiliki tikungan kurva dan tikungan tajam. Sirkuit ini banyak disukai penggemar MotoGP karena track lurus yang panjang memungkinkan mereka melihat siapa yang bisa lari paling kencang di track lurus. Sedangkan tikungannya juga cukup kejam sekaligus seru karena memungkinkan para pembalap untuk saling menempel ketat bahkan saling sodok. Maka dari itu tak heran bila banyak pembalap yang berjatuhan.

Sirkuit Le Mans bisa dibilang sirkuit yang mengerikan bagi para pembalap dan pembalap sehebat dan se-professional apapun harus sangat berhati-hati kala mereka harus berlaga di sirkuit ini. Sirkuit Le Mans memiliki tingkat kesulitan yang tinggi karena didominasi oleh track yang sempit jadi mungkin menyulitkan para pembalap untuk menyalip dan mencuri posisi terdepan.

Disamping itu sirkuit ini memiliki banyak tikungan yang sangat tajam bahkan para pembalap harus menurunkan kecepatan hingga berlari hanya pada perseneling 1. Tentu saja pembalap harus memastikan rem terlebih lagi untuk roda belakang bekerja dengan baik bila tidak ingin celaka di sirkuit ini. Sirkuit Le Mans menjadi ajang yang mengerikan apabila race diselenggarakan saat hujan karena lintasan menjadi sangat licin. Inilah mengapa tidak mengherankan bila Le Mans menjadi salah satu sirkuit yang bisa membuat banyak pembalap berjatuhan.

 f1, motogp, sirkuit, berbahaya, balap

BACA JUGA: 

Ban Bridgestone Puaskan Tim Yamaha

Hamilton Cukup Sumringah Dan Puas Berada Di Urutan Ketiga

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>