Susie Wolff Pembalap Wanita di Era Milenium

susie wolff

Saat ini wanita sudah banyak berperan di berbagai bidang termasuk di bidang olahraga. Ada banyak nama-nama atlet wanita yang telah dikenal namanya atas prestasi mereka akan tetapi sayangnya masih sedikit wanita yang berkecimpung dalam olahraga otomotif khususnya dalam kancah kejuaraan F1. Setelah berpuluh-puluh tahun mungkin baru tahun ini kita akan mendengar adanya wanita yang terlibat dalam dunia F1 dan wanita itu adalah Susie Wolff.

Susie Wolff memang tidak diturunkan untuk berlaga secara langsung dalam kejuaraan F1 akan tetapi Tim Williams sudah menunjuk Susie Wolff sebagai pembalap penguji yang akan tampil di ajang GP Jerman dan GP Inggris. Kedua event besar tersebut direncanakan akan digelar pada bulan Juli 2014. Tim Williams sendiri memutuskan untuk menugaskan Susie Wolff dalam laga tersebut sebagai bagian dari program yang dia jalankan untuk mengembangkan kemampuan para pembalap.

Salah satu misi Tim Williams dalam program pengembangan pembalap tersebut adalah untuk mempromosikan pembalap wanita ini agar bisa tampil di Nurburgring dan Silverstone. Susie Wolff sendiri sejak tahun 2012 lalu sudah bergabung dalam program pengembangan pembalap yang dikembangkan oleh Tim Williams tersebut. Lalu saat Susie Wolff mengikuti sesi uji coba di Inggris ia dianggap cukup memenuhi kualifikasi dengan tampil cukup memuaskan di lintasan.

 susie wolff, pebalap wanita, berita olahraga, berita F1

Wanita asal Skotlandia ini seperti halnya pembalap berprestasi lainnya mengawali karir membalapnya dari sebagai pembalap gokart. Setelah dari ajang Gokart lalu meningkat ke kelas yang lebih tinggi yaitu Formula Renault, Formula 3 dan DTM untuk membela timnya waktu itu Mercedes-Benz. Wanita kelahiran 6 Desember 1982 ini mengatakan bahwa ia sangat senang mendapat peluang yang langka dan tak akan menyia-nyiakan kesempatan yang ia dapat tersebut.

Apabila Wolff bisa memenuhi qualifikasi untuk berlaga di kejuaraan F1 maka ia akan menjadi wanita pertama yang akan masuk sejarah olahraga otomotif khususnya di olahraga balap F1 selama 22 tahun ini. Sebenarnya dulu memang pernah ada pembalap wanita sebelum Wolff yang berlaga di F1 yaitu Geovanna  Amati sayangnya wanita asal Italia ini gagal untuk masuk kualifikasi di tiga laga balapan pada tahun 1992 bersama tim Brabham.

Sebelum itu ada juga wanita pembalap lainnya Lella Lombardi yang juga sama-sama dari Italia. Bahkan Lella Lombardi menjadi pembalap wanita pertama yang berhasil berlaga di kompetisi F1 tepatnya pada tahun 1976. Agaknya program dari Tim Williams ini tidak hanya menarik minat Susie Wolf tetapi juga Simona De Silvestro seorang wanita berusia 22 tahun asal Italia. Simona berhasil memenuhi kaulifikasi dan sejak Februari ini secara bergabung dengan Sauber bahkan sudah ditargetkan untuk turut bertanding pada tahun 2015 yang akan datang.

susie wolff, pebalap wanita, berita olahraga, berita F1

BACA JUGA:

FERRARI TERCEPAT, RED BULL MASIH BERMASALAH

RAIKKONEN MASIH OPTIMIS WALAUPUN ALAMI CRASH

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>