Villaneuve Pandang F1 Sudah Tak Menarik Lagi

ville 3

Dengan adanya kebijakan perubahan pada peraturan di ajang F1 tentu asja para pembalap dan timnya harus menyesuaikan diri terhadap peraturan tersebut. Akan tetapi kebijakan terhadap perubahan peraturan dalam F1 tersebut tidak semuanya didukung karena ada beberapa pihak yang mengkritik perubahan kebijakan tersebut dan salah satunya adalah Jack Villeneuve yang notabene adalah juga pembalap professional di ajang F1. Mantan juara dunia F1 ini menyoroti banyak hal terkait dengan perubahan peraturan yang menurutnya membuat kondisi F1 justru lebih buruk daripada jamannya dulu.

Menurut pria berusia 42 tahun ini ajang F1 sudah tidak lagi menarik untuk dinikmati apalagi untuk dijalani dan ini semua akibat adanya perubahan peraturan yang membuat F1 lebih buruk daripada sebelumnya. Villeneuve bahkan khawatir akan kelangsungan dari ajang F1 ke depan apabila kebijakan-kebijakan terhadap peraturan yang baru akan tetap dijalankan secara permanen. Pembalap asal Kanada ini memprediksikan bahwa F1 perlahan akan kehilangan penggemarnya karena ajang F1 sudah bukan lagi seperti ajang olahraga karena banyak aturan-aturan yang cenderung artifisial.

Salah satu kebijakan perubahan peraturan yang disoroti oleh Villeneuve adalah kebijakan regulasi yang sangat restriktif atau ketat sehingga membuat F1 kehilangan sesuatu yang menarik di dalamnya. Rupanya yang dimaksudkan oleh Villeneuve adalah perubahan peraturan yang mengacu kebijakan penghematan bahan bakar yang  kemudian memaksa pembalap dan tim peserta F1 untuk membuat dan mengembangkan mesin yang membuat bahan bakar menjadi lebih hemat. Di mata Villeneuve penghematan bahan bakar memang perlu tetapi kebijakan yang diterapkan pada F1 yang menjadikannya keliru.

villeneuve, F1, berita olahraga, pebalap F1

Bagi Villeneuve F1 saat ini berusaha melayani generasi yang tidak mengetahui semangat dan serunya aksi F1 karena cenderung melayani keinginan generasi ‘hijau’ padahal F1 bukanlah ajang lomba mana yang ‘hijau’ atau bukan. F1 bahkan dari awal memang tidak diciptakan untuk menjadi ‘hijau’ jadi langkah-langkah untuk menjadikan F1 sebagai sesuatu yang ‘hijau’ jelas-jelas menyalahi arti dari olahraga ini.

Kebijakan penggunaan mesin-mesin secara restriktif dan berbagai peralatan elektronik yang serba otomatis di mata Villeneuve juga dipandang sesuatu yang mengurangi serunya lomba F1. Ini karena seorang pembalap tidak lagi mengandalkan intuisi dan kesigapannya dalam berlomba tetapi semata-mata mengandalkan kinerja mesin dan peralatan elektronik. Hal ini mungkin terasa asyik untuk diikuti selama beberapa bulan, akan tetapi tidak untuk jangka waktu yang lama karena akan sangat membosankan. Pembalap yang kini aktif mengisi acara-acara balap F1 di televisi ini kemudian membandingkan antara balapan F1 pada jamannya dulu dengan balapan F1 pada saat sekarang dimana pembalap pada era yang lalu berlaga secara natural sehingga terlihat bahwa manusialah yang berlaga dan berprestasi tidak seperti jaman sekarang dimana mesin dan berbagai peralatan elektronik yang mendominasi dalam ajang F1. .

villeneuve, F1, berita olahraga, pebalap F1

BACA JUGA:

RAIKKONEN PUNYA KANS JADI JUARA F1

PERFORMA BURUK TIM REDBULL DI LAGA TES F1

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>