5 Stadion Terbaik Di Inggris

stadion

Selain terkenal sebagai penghasil pemain sepakbola kelas dunia, negara Inggris juga memiliki banyak hal tentang sepakbola untuk dibanggakan, salah satunya adalah stadionnya. Tahukah Anda bahwa keberadaan stadion adalah penting bagi warga Inggris oleh karenanya, di setiap kota selalu memiliki stadion kebanggannya sendiri. Dan diantara sekian banyak stadion yang ada di Inggris, berikut adalah 5 stadion terbaik yang ada di negara tersebut.

5. Stadion Cahaya (Stadium of Light)

Stadion dengan daya tampung 49.000 penonton ini merupakan rumah bagi klub Sunderland FC. Terletak di pusat kota Sunderland, Stadium of Light selalu menjadi kebanggaan warga Sunderland. Stadion ini berada di peringkat 4 untuk stadion dengan daya tampung terbanyak se Premier League.

Namanya yang unik diberikan karena 2 alasan, yakni untuk mengenang jasa para penambang di area tersebut, juga sebagai warisan industri local dan alasan ke dua adalah harapan agar nantinya di masa mendatang stadion ini akan menjadi cahaya penuntun menuju kemakmuran bagi warga setempat. Nama tersebut sangat simbolis mengingat ribuan penambang yang juga merupakan fans setia club Sunderland selalu menggunakan cahaya sebagai panduan mereka untuk keluar dari tempat penambangan saat akan pulang setiap harinya.

4. St. James Park

Daya tampung stadion ini adalah 52,200 penonton. Stadion yang merupakan kebanggan warga kota Newcastle dan juga rumah bagi klub Newcastle FC ini dibangun pada tahun 1880. Stadion ini masih memungkinkan untuk diperlebar dan diperluas hingga kapasitas 60.000 penonton. St James Park adalah satu dari beberapa stadion paling diminati di Inggris, dan telah dipilih untuk menjadi tempat pergelaran Piala Dunia 2018 apabila Inggris nantinya terpilih sebagai tuan rumah. St. James Park juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk pertandingan kelas dunia, bahkan sudah pernah menjamu pertandingan internasional saat berlangsungnya ajang Olimpiade 2012.

 stadion, inggris, stadion bola, berita bola

3. Emirates Stadium

Para penggemar Arsenal tidak akan melewatkan stadion ini. Yap, Emirates Stadium atau yang memiliki nama asli Asburton Grove, merupakan stadion kebanggaan warga kotaLondon dan merupakan tempat dimana klub Arsenal FC melangsungkan jaga kandangnya. Stadion ini baru saja menyelesaikan renovasi besar-besarannya pada tahun 2006, dan meningkatkan kapasitas penontonnya hingga 60.000 tempat duduk. Emirates Stadium merupakan stadion terbesar di Inggris setelah Wembley Stadium dan Old Trafford. Nama Emirates disandangkan karena alasan sponsorship antara Arsenal FC dan perusahaan maskapai penerbangan Emirates.

2. Old Trafford

Old Trafford merupakan stadion paling terkenal di Inggris, bukan karena kapasitas penontonnya yang mencapai 76.000 kursi penonton, namun karena disinilah sang Setan Merah bersemayam. Sebagai rumah dari klub Manchester United, stadion ini selalu menjadi perhatian publik Inggris dan Dunia setiap kali MU menjalani pertandingan kandangnya. Stadion yang kini menyandang predikat sebagai stadion terbesar ke 9 di Eropa dan ke 2 di Inggris ini direncanakan akan di perlebar agar dapat menampung 90.000 penonton. Wow!

1. Wembley Stadium

Stadion ini selalu menjadi tempat diselenggarakannya pertandingan akbar dunia sepakbola, baik liga Inggris maupun pentas internasional. Stadion ini adalah kebanggaan public Inggris dan dikelola oleh The Football Association, asosiasi sepakbola di Inggris. Kapasitas stadion ini adalah 90.000 penonton dengan berbagai fasilitas terbaik dan bertaraf internasional.

stadion, inggris, stadion bola, berita bola

BACA JUGA:

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>