Diego Maradona Legenda Sepakbola Terbaik Dan Paling Kontroversial Sepanjang Masa

maradona

Banyak dari kita yang tentunya mengenal nama legenda sepakbola Maradona tetapi generasi sekarang mungkin belum banyak yang tahu mengapa Maradona mendapatkan gelar legenda dan apa kontribusinya di dunia olahraga sepakbola. Diego Maradona adalah anak dari keluarga miskin di suatu kota kumuh di Argentina dan seperti anak-anak Argentina pada umumnya Maradona kecil juga suka bermain bola bersama teman-temannya di jalan atau di lapangan akan tetapi Maradona beda dibandingkan anak-anak kecil lainnya. Kemampuannya mengolah bola jauh melampaui anak-anak seusianya waktu itu. Hal ini sempat dilihat oleh Estrella Roja pencari bakat sepakbola saat menemukan Maradona bermain di klub bola setempat yang kemudian menarik Maradona masuk ke tim Argentinos Junior.

Setelah beberapa saat di Argentinos Junior Maradona usia 15 tahun lalu beralih masuk ke Boca Juniors dari tahun 1976 sampai 1981. Di Boca Juniors inilah Maradona memulai karir dalam pertandingan liga sepakbola. Pada usia 18 tahun Maradona sudah masuk tim nasional junior untuk membela negaranya dan berhasil mengalahkan tim junior Rusia dengan skor 3-1 dalam Kejuaraan Dunia Junior. Karena keberhasilannya itu lalu pada tahun 1982 Maradona lagi-lagi masuk dalam tim nasional dan dikirim untuk bertanding di Piala Dunia di Spanyol.

Setelah Piala Dunia 1982 di Spanyol usai Maradona dikontrak oleh klub Barcelona. Tim Barcelona yang kala itu dilatih oleh Cesar Luis Menotti sukses mengantarkan Barcelona sebagai juara Copa Spanyol. Karir Maradona mulai melejit hingga ia dipuja-puja ketika ia masuk ke klub Napoli karena klub ini berhasil meraih banyak prestasi seperti juara Liga Italia, Copa Italia, Posisi teratas di UEFA Cup, Super Cup Italia dan lain sebagainya.

maradona, berita bola, argentina, pelatih, sepak bola

Pada tahun 1986 Maradona membawa timnas Argentina sebagai Juara Piala Dunia. Dalam ajang inilah dia mulai tidak hanya dipuji tetapi juga sekaligus dicaci. Salah satunya adalah ketika dia mencetak gol yang sangat Kontroversial ketika tim Argentina melawan Inggris. Gol yang dicetak oleh Maradona dilakukan dengan bantuan tangan dan bila kita mencermati rekaman video atau foto kejadian tersebut itu bisa memastikan bahwa memang Maradona menyentuh bola itu dengan tangan tetapi bagaimanapun aksi tersebut tidak dilihat oleh wasit sehingga gol itu dinyatakan sah. gol ini menjadi yang paling kontroversial yang tak terlupakan dalam sejarah sepakbola dunia itu dan Maradona menyebutnya dengan “Gol Tangan Tuhan” karena Tuhan tidak mengijinkan wasit melihat aksinya tersebut.

Di sisi lainnya Maradona juga dipuji oleh tim lawan dan kawan setelah berhasil mencetak gol terbaik sepanjang masa. Maradona menggiring bola sendirian dari tengah lapangan melewati tiga pemain Inggris lalu mengekseksui bolahingga mencetak angka. Setelah itu banyak citra positif sekaligus negatif yang disematkan pada bintang sepakbola Maradona sampai pada akhirnya ia pensiun dari lapangan di tahun 1997.

maradona, berita bola, argentina, pelatih, sepak bola

BACA JUGA:

5 STADION TERBAIK DI INGGRIS

Tendangan Ajaib Pesepakbola Dunia

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>