Profil Zlatan Ibrahimovic

3 Profil Zlatan Ibrahimovic 1

Jika ditanya siapa pemain dengan gaji termahal di dunia, mungkin Anda akan menjawab Zlatan Ibrahimovic. Striker asal Swedia ini sekarang bermain di PSG. Pada musim panas 2012, PSG membelinya dengan harga 20 juta poundsterling. Gajinya sekarang adalah 220 ribu pounds untuk setiap pekannya.

Zlatan Ibrahimovic dilahirkan di Rosengard, Malmo pada 3 Oktober 1981. Orangtuanya sebenarnya bukan warga asli Swedia karena dulunya mereka bermigrasi. Ayahnya adalah Sefik yang seorang warga Bosnia, sedangkan ibunya bernama Jurka yang merupakan warga Kroasia.

Pada usia 8 tahun, Zlatan Ibrahimovic mulai bermain bola dan bergabung ke klub Malmo FF. Dan tahukah Anda, seorang pemain hebat ternyata pernah ingin berhenti bermain bola. Seperti yang dilakukan Ibrahimovic ketika dia berusia 15 tahun. Tetapi, manajernya terus meyakinkannya agar tetap bermain.

Pada tahun 1996 Ibrahimovic menandatangani kontrak untuk bermain di Malmo FF. Ini merupakan kontrak pertamanya. Kemudian, pada tahun 1999, dia masuk ke tim senior. Ibrahimovic kemudian pindah ke Ajax pada 22 Maret 2001 dengan nilai transfer sebesar 7,8 juta Euro.

Ketika Ajax dilatih oleh Co Adriaanse, Ibrahimovic jarang bermain. Kemudian ketika Ajax dilatih Ronald Koeman sejak 29 November 2001, Ibrahimovic menjadi pemain inti. Dia juga turut mengantar timnya menyabet gelar juara Eredivise pada musim 2001-2002.

Sedangkan dengan tim nasional Swedia, Ibrahimovic memulai debutnya ketika melawan Faroe Islands di laga persahabatan pada 31 Januari 2001. Dia juga pernah bermain pada babak kualifikasi Piala Dunia 2002 tanggal 7 Oktober 2001 melawan Azerbaijan.

Ibrahimovic juga pernah mengalami skandal, yakni pada 18 Agustus 2004, ketika pertandingan internasional Swedia dan Belanda digelar. Waktu itu Van der Vaart yang merupakan rekan setim Ibrahimovic menuduh bahwa Ibrahimovic sengaja untuk membuatnya cedera. Pada akhirnya, diputuskan bahwa Ibrahimovic dijual ke Juventus dengan nilai transfer 19 juta Euro pada 31 Agustus 2004.

Peran Ibrahimovic di Juventus menjadi penting. Tetapi ketika skandal Calciopolli membuat Juventus turun ke Serie B pada musim 2005-2006, Ibrahimovic memutuskan untuk pindah meskipun dia sudah dibujuk. Akhirnya dia bergabung ke Inter Milan pada 10 Agustus 2006. Nilai transfernya adalah 12 juta Euro dan dia mempunyai masa kontrak 4 tahun.

Ibrahimovic rupanya sering berpindah tim. Ketika dia di Barcelona, dia berhasil membuat Barca menang ketika menghadapi Real Madrid di laga derby El Clasico pada 29 Nopember 2009. Awal musim 2010, Ibrahimovic kembali ke Seri A, bergabung dengan AC Milan. Di sini, dia merupakan pemain pinjaman selama satu musim, dan dikenai opsi pembelian permain untuk musim selanjutnya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sekarang ini Ibrahimovic bermain untuk PSG dengan kontrak selama 3 tahun.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>