Taktik Tiki-Taka Barcelona dan Spanyol

5. Taktik Tiki-Taka Barcelona dan Spanyol 2

Mungkin Anda yang suka dengan Barcelona atau Timnas Spanyol pernah mendengan kata-kata Tiki-Taka. Istilah ini kini diidentikan dengan permainan sepakbola Spanyol. Istilah ini jelas bukan nama sebuah makanan atau tarian khas suatu negara, bahkan bukan juga nama salah satu pemain bola Spanyol, lalu apa? Tiki-Takaadalah sebuah istilah yang merujuk pada pola permainan Barcelona dan TimNas Spanyol.

Taktik Tiki-Taka adalah salah satu gaya bermain tim sepakbola di Spanyol yang menekankan umpan pendek dan arah pergerakan bola yang bervariasi untuk memaksimalkan penguasaan bola dalam sebuah pertandingan. Gaya ini dulunya dikembangkan oleh Barcelona dan Ajax serta Barcelona dan Timnas Spanyol saat ini. Istilah Tiki-Taka menjadi terkenal dan diketahui publik bukan karena tim yang mengembangkannya mengatakan nama istilah itu namun justru istilah tersebut muncul dari salah satu komentator sepakbola di TV Spanyol pada Piala Dunia 2006 antara Spanyol melawan Tunisia.

Penyiar itu berkomentar “Estamos tocando tiki-taka tiki-taka” nah dari situ istilah ini mulai terkenal di seluruh dunia. Nama Tiki-Taka sebenarnya berarti sebuah mainan yang jika di Inggris disebut dengan permainan clackers. Permainan ini merupakan dua bola kecil yang digantung dan jika diayunkan akan saling menghantam serta berbunyi tik-tak-tik-tak. Dan kini nama perminan ini dipergunakan dalam sepak bola.

 

Taktik Tiki-Taka dimainkan dengan mengoper bola kepada pemain lain dengan arah yang bervariasi. Kunci permainan ini adalah kerjasama tim yang erat dan terkoordinasi dengan sempurna. Taktik ini membuat para pemain bisa bermain dengan lebih santai namun mampu menguasai bola lebih lama. Taktik ini sangat sempurna dan bahkan mampu menaikkan daya serang pemain.

Ada beberapa hal unik yang berkaitan dengan  Tiki-Taka ini yang jarang diketahui oleh masyarakat. Pertama, tiki-taka bukan milik Barca dan juga bukan ciptaan Pep Guardiola. Taktik ini dikenalkan oleh 6 pemain timnas Spanyol yaitu hernandez, Iniesta, Puyol, Pique, Rodriguez dan Fabregas yang terkesima dengan tiki-taka dan kemudian memberitahukan rahasianya kepada Pep. Kedua, kunci permainan ini adalah santai bersemangat sehingga mencetak gol tidak perlu terburu-buru danmenunggu kelengahan lawan.

Ketiga taktik Tiki-Taka berasal dari permainan Brazil yang diolah oleh Vicente del Bosque sehingga membatasi pemain menguasai bola hanya dalam waktu 10 detik saja dan selalu mengoper bola. Dengan begitu diharapkan lawan bingung dan terkuras tenaganya karena selalu mengejar bola yang dioperkan. Ini adalah ciri khas permainan santai yang sebenarnya.

Keempat, tiki-taka mempunyai kelemahan yang sulit dipercaya yaitu taktik ini bisa dikalahkan dengan menjaga pemain tengah dan lakukan serangan balik jika pemain tengah lengah. AC –Milan dan Argentina mempunyai formasi 1-4-5-1 atau 1-4-2-4 untuk menghancurkan taktik yang mempergunakan tiki-taka. Sementara formasi Tiki-Taka yang ampuh adalah formasi 1-4-3-3 dan 1-4-5-1.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>