Final Cabang Sepakbola SEA Games 2013: Indonesia Vs Thailand

Final Cabang Sepakbola SEA Games 2013: Indonesia Vs Thailand


Timnas Indonesia U-23 akan bertarung melawan Thailand U-23 pada pertndingan final cabang sepakbola SEA Games 2013 Myanmar di Stadion Zayyarthiri, Nay Pyi Taw.

Setelah kemarin timnas Indonesia lolos ke puncak usai mengandaskan Tim ‘Harimau Malaya’ lewat drama adu penalty dengan skor 5-4. Sedangkan Thailand sendiri melaju ke partai puncak dan akan melawan Indenesia setelah menang tipis 1-0 atas Singapura U-23.

Bisa dibilang jika faktor kebugaran fisik para pemain kedua tim akan sangat menentukan pada laga final nanti. Soalnya, baik pemain Indonesia maupun Thailand sama-sama hanya memiliki waktu satu hari penuh untuk memulihkan kondisi kebugaran dan mengembalikan kekuatan fisiknya setelah mereka sama-sama melakoni laga semi final pada Kamis 19 Desember 2013 kemarin.

Thailand agak sedikit lebih beruntung karena mereka pada babak semifinal kemarin tidak  melalui perpanjangan waktu 2×15 menit dan drama adu penalty yang sangat menguras stamina dan mental mereka.

Pelatih timnas Indonesia Rahmad Darmawan pun sangat menyadari hal tersebut. Dia tidak ingin kebugaran pemain menjadi salah satu kendala, dan akan membuat dirinya gagal untuk membawa skuat Garuda Muda meraih medali emas seperti sebelumnya. Seperti kita ketahui, pada SEA Games 2011 kemarin pelatih yang biasa disapa RD ini gagal mendapatkan medali emas setelah timnya ditaklukan Malaysia U-23 pada laga final melalui drama adu penalty dengan skor akhir 4-5.

Selain itu, faktor lain yang harus dibenahi oleh Tim ‘Garuda Muda’ adalah factor kedisiplinan dalam mengawal setiap pergerakan yang dilakukan oleh para pemain Thailand. Hal itu itu harus jadi titik perhatian mereka agar tidak mendapatkan kekalahan seperti yang telah terjadi pada fase penyisihan grup B. Saat itu Timas Indonesia kalah dengan skor cukup telah 1-4.

Final Cabang Sepakbola SEA Games 2013: Indonesia Vs Thailand

Dari segi mental, bisa dibilang para pemain timna Indonesia sudah lebih teruji. Setidaknya, itu ditunjukan dalam dua laga terakhir ketika Indonesia mengalahkan tuan rumah Myanmar (1-0), pada 16 Desember 2013, serta mengandaskan perlawanan Malaysia di babak semifinal.

Pertandingan ini sangat menarik untuk ditunggu, karena ini adalah pertemuan ketiga mereka di partai final SEA Games. Sebelumnya, kedua tim pernah bertemu pada pertandingan final SEA Games 1991 dan 1997. Baik Indonesia maupun Thailand pernah saling mengalahkan dalam dua laga final itu melalui adu penalty.

Pada SEA Games 1991 di Manila, Indonesia menang 4-3 dari Thailand . Sedangkan pada SEA Games 1997 di Jakarta, giliran timnas Thailand yang unggul 5-3. Thailand pun sedang berupaya untuk menggenggam kembali medali emas sepakbola setelah kemarin sempat lepas dari tangan mereka dalam dua laga SEA Games terakhir. Semoga saja ini menjadi moment kebngkita sepakbola Indonesia.

Final Cabang Sepakbola SEA Games 2013: Indonesia Vs Thailand

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>