Duel Klasik Indonesia Vs Malaysia di SEA Games 2013

Duel Klasik Indonesia Vs Mayasia di SEA Games 2013

Duel klasik akan terjadi kembali di SEA Games 2013 Myanmar, setelah sore tadi Malaysia memastikan diri lolos ke semifinal sebagai juara di Grup A. Malaysia dipastikan akan bertemu dengan Indonesia di babak semifinal yang akan digelar di Zayyathiri Stadium, Nay Pyi Tiaw, pada Kamis, 19 Desember 2013.

Kepastian itu didapatkan setelah Malaysia mengandaskan perlawanan Vietnam dengan skor tipis, 2-1 di Zayyathiri Stadium, tadi sore. Hasil ini sudah cukup bagi Harimau malaya untuk menggusur posisi juara group sebelumnya, Singapura.

Sementara itu, Indonesia harus berjuang mati-matian melawan Tim tuan rumah Myanmar dengan skor tipis 1-0 untuk bisa melangkah ke babak semifinal cabang sepakbola SEA Games 2013. Setelah menang 1-0 atas Kamboja, kemudia kalah 1-4 dari Thailand dan imbang 0-0 melawan Timor Leste, maka hasil tersebut sudah cukup meloloskan Indonesia. Sebenarnya Indonesia dan Myanmar sama-sama mengoleksi tujuh poin, tapi tim tuan rumah harus masuk kotak duluan karena kalah head-to-head.

Jika kita melihat hasil di penyisihan grup, kita harus mengakui kalau Malaysia lebih layak dijadikan sebagai tim unggulan. Mereka sangat produktif di lini depan dan kuat di lini belakang dengan permainan yang lebih mengandalkan organisasi di lapangan, Malaysia bermain kolektif sedangkan Indonesia lebih mengutamakan aksi Individu.

Namun menurut seorang pengamat sepakbola Yusuf Kurniawan, kekuatan kedua kesebelasan sebenarnya imbang dan itu semua ditentukan oleh strategi pelatih. Apalagi Indonesia akan diuntungkan oleh yang lebih panjang. Indonesia mendapat masa recovery tiga hari sedangkan Malaysia hanya memiliki dua hari masa recovery.

Seperti kita ketahui, dalam beberapa pertandingan terakhir, tinmas Indonesia selalu bermasalah di lini depan. Tidak adanya striker haus gol membuat Indonesia kesulitan untuk mencetak gol, disisi lain, lini belakang Indonesia pun masih kerap melakukan kesalahan-kesalahan yang sebenarnya tidak perlu dilakukan.

Strategi RD, Latihan Penalti dan Guyuran Penyiram Rumput

Skuad Indonesia mendapatkan kesempatan berlatih di stadion megah Zeyar Thiri. di Nay Pyi Taw pada Rabu pagi, 18 Desember 2013. Stadion tersebut akan menjadi saksi dahsyatnya pertempuran antara Indonesia Vs Malaysia, Kamis besok.

Para pemain terlihat masih berlatih untuk eksekusi tendangan penalti. Tapi sayang, latihan tersebut harus terhenti karena alat penyiram rumput otomatis  stadion tiba-tiba beroperasi. Air menyembur dari alat tersebut yang akhirnya membubarkan sesi latihan Tim ‘Garuda Muda’.

Petugas stadion juga meminta Liason Officer agar Indonesia segera mengakhiri sesi latihannya.

Tanpa disangka, guyuran air tersebut dimanfaatkan beberapa pemain ‘Garuda Muda’ untuk bercanda. Bahkan bek timnas, Manahati Lestusen, yang baru merayakan ulang tahun kemarin sengaja digotong menuju salah satu alat penyemprot lapangan otomatis.

Manahati pun basah kuyup. Dan Teman-temannya pun dengan serempak tertawa riang melihat “penderitaan” pemain asal Ambon tersebut.

Dalam sesi latihan tersebut, satu pemain utama timnas terpaksa absen. Penyerang, Yohannes Pahabol, terpaksa beristirahat karena mengalami luka pada kakinya. Selain Pahabol, seluruh pemain lainnya tetap menjalani sesi latihan seperti biasa.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>