Garuda Siap Berlaga di Piala Asia 2015

5. Garuda Siap Berlaga di Piala Asia 2015 1

Timnas Garuda siap secara fisik dan teknis melawan China pada pertandingan keempat kualifikasi grup C Piala Asia 2015. Hal ini disampaikan oleh pelatih Timnas Indonesia, Jacksen Ferreira Tiago yang mengharapkan Garuda Indonesia mampu meraih kemenangan pada jumat (15/11) mendatang. Harapan ini kiranya tidak berlebihan karena pada saat China bertandang ke Indonesia, Garuda berhasil menahan imbang China 1-1.  Namun demikian Indonesia masih di posisi terbawah grup C pra-Piala Asia ini.

Sementara itu China berada di posisi kedua dengan hanya kalah lima angka dari Arab Saudi. Sementara itu pada posisi ketiga ditempati Irak dengan perolehan poin tiga. Dikabarkan setelah skuad Garuda tiba di China, tepatnya di Xi’an, pemain timnas langsung melakukan latihan perdana pada malam harinya dengan tujuan agar pemain dapat dengan segera beradaptasi dengan iklim yang cenderung dingin di China.

Memang selain tantangan yang berasal dari tim lawan, masih ada tantangan iklim dingin yang harus dihadapi oleh tim Garuda dalam pertandingan pra Piala Asia 2015 ini. Pemain Indonesia yang memang tidak pernah merasakan musim dingin harus terbiasa main dicuaca yang membuat kedinginan ini.  Pelatih timnas menegaskan bahwa fokus latihan adalah fisik, teknik dan taktik. Proses adaptasi ini memang tidak gampang karena faktor makanan juga mempengaruhi tim dan bahkan ada beberapa pemain yang menderita sakit perut karena faktor makanan namun secara umum semuanya baik-baik saja.

Memang persiapan skuad Garuda untuk menghadapi Piala Asia ini tidak main-main karena segala hal dilakukan untuk menaikkan daya juang dan kemampuan tim dalam bertanding,termasuk dengan pertandingan uji coba negara lain. Sebelum bertolak China skuad Garuda sudah menjalani partai uji coba dengan klub asal Korea Utara. Pertandingan tersebut tidak begitu menggembirakan karena Boaz Solossa dan teman-teman harus kalah 2-0 dari salah satu klub Korea Utara tersebut.

Di Korea Timnas tidak saja melakukan uji tanding namun juga melakukan pemusatan latihan sebelum  langsung tandang ke China. Uji coba dengan kekalahan 2-0 dari klub Korea Utara membuat pelatih Timnas mempersiapkan taktik dan strategi baru untuk melawan China. Ada banyak poin-poin perbaikan yang didapat dari pertandingan di Korea untuk perbaikan tim Garuda kedepan yang ditujukan untuk lebih memperbaiki daya juang pemain dan stamina pada suhu yang dingin.

Pada pertandingan laga keempat pra Piala Asia 2015 melawan China akan dilangsungkan di Stadion Jiodaruisun, Shanxi Jumat mendatang. Pertandingan ini diharapkan mampu mendongkrak peringkat Indonesia yang masih menjadi juru kunci Grup C. diperkirakan pertandingan di China ini akan sulit bagi Garuda Indonesia karena selain bermain di kandang lawan, kondisi cuaca dan makanan juga tidak begitu mendukung, namun begitu patut kita berharap Garuda membawa hasil terbaiknya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>