Lawan Malaysia, Inilah saatnya Indonesia Buang Sial

Lawan Malaysia, Inilah saatnya Indonesia Buang Sial

Menghadapi Malaysia dipartai semi final SEA Games 2013, Indonesia memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus di selesaikan. Ketajaman lini depan, skill individu yang membuat pemain Indonesia terlihat ‘pelit’ membagi bola dan konsentrasi lini belakang yang kerap hilang.

Semua itu bisa dilihat dari hasil pertandingan yang teha dijalani Indonesia di fase group B, Indonesia hanya bisa melesatkan 3 gol dari 4 pertandingan, dan Ironisnya hanya satu gol yang berhasil dicetak oleh pemain depan Tim ‘Garuda Muda’.

Kondisi ini sangat berbanding terbalik dengan Tim ‘Harimau Malaya’. Dari empat laga yang mereka lakoni, mereka berhasil menyarangkan 9 gol dan hanya kebobolan 3 gol.

Selain itu, diterima atau tidak lolosnya Indonesia ke semifinal SEA Games 2013 ini berkat bantuan dari aturan head to head. Padahal Indonesia memiliki point yang sama (7) dengan jumlah gol yang masih kalah jauh dengan Myanmar.

Kurangnya sosialisasi peraturan ini sedikit banyak telah menguntungkan Tim Indonesia. Kubu Myanmar terlihat lebih santai menjelang laga menghadapi Indonesia.

Menurut RD, kabar aturan head to head telah membuat para punggawa ‘Garuda Muda’  mengalami peningkatan mental bertanding. Mereka terlihat antusias dan seakan-akan tidak memiliki beban yang berat jelang laga melawan White Angels.

Momentum Buang Sial

Pertandingan melawan Malaysia harus dijadikan Indonesia sebagai momentum “buang sial”. Pasalnya, dalam beberapa kali pertemuan dengan tim ‘Harimau malaya’ baik di level senior maupun U-23, Indonesia selalu mendapatkan hasil yang buruk. Tercatat hanya Timnas U-19 saja yang mampu mempermalukan Malaysia.

Ketidak beruntungan Indonesia ketika harus berhadapan dengan Malaysia dimulai pada pagelaran piala AFF 2010 lalu. Ketika itu, dengan ‘buasnya’ Indonesia membaitai Malaysia dengan skor telak 5-1 pada putaran grup. Namun, hal berbeda justru diperlihatkan ketika Indonesia bertemu dengan Malaysia di pertandingan final, Indonesia harus rela menyerahkan gelar juara AFF ke tangan Malaysia dan harus puas melihat mereka berpesta di Gelora Bung Karno, Jakarta..

Setahun kemudian, Indonesia lewat timnas U-23 lagi-lagi harus kembali bertemu dengan Malaysia di SEA Games, Jakarta-Palembang. Indonesia yang tampil dominan di final harus kembali puas dikalahkan Malaysia dengan skor 3-4 lewat tendangan adu penalti.

Tidak berhenti sampai disini, Selanjutnya, Indonesia kembali bertanding dengan Malaysia di ajang Piala AFF 2012 dalam pertandingan terakhir di putaran grup. Pada saat Indonesia sebenarnya di untungka dengan beban Malaysia yang harus menang melawan Indonesia jika Ingin melaju ke babak selanjutnya, sedangkan Indonesia hanya membutuhkan hasil seri untuk lolos fase semifinal.

Benar saja, di partai yang sangat menentukan tersebut, Indonesia kembali kalah dari Malaysia dengan skor 0-2.  Dan kahirnya Malaysia  bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2012.

Semua catatan tentang rekor buruk Indonesia itu harus segera di akhiri. Bagaimanapun kondisi permainan Indonesia di fase group, kita semua berharap semoga Indonesia Bisa mengalahkan Malaysia dan mengakhiri deretan rekor buruk kala bertemu dengn Tim ‘Harimau Malaya’.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>