5 Inovasi Unik Demi Sepak Bola

4. 5 Inovasi Unik Demi Sepak Bola 1

Permainan sepak bola memang bukan permainan biasa. Permainan ini sudah sangat mendunia dan hampir setiap orang menyukainya. Oleh sebab itu ada banyak usaha dan upaya yang dilakukan masyarakat pecinta sepakbola untuk membuat permainan ini semakin mengasyikkan dan semakin maju salah satunya adalah dengan menciptakan 5 inovasi unik dibidang sepak bola.

Berikut ini adalah penjelasan dari 5 penemuan dibidang sepakbola yang tergolong unik namun perlu diakui bahwa penemuan tersebut membawa perubahan pada kualitas permainan sepakbola yang kini sangat populer, kelima inovasi tersebut antara lain:

1. Pelindung Gigi

2. Bola CTRUS

4. Plester Kinesio

5. Jam Wasit Third Eye

6. Plester Hidung dan Krim Dada

Yang pertama adalah pelindung gigi yang sering juga disebut sebagai Armour Bite Mouthpiece. Pelindung gigi ini sangat penting untuk melindungi gigi, lidah dan rahang dari pemain sepakbola ketika terkena bola atau kontak badan. Terlebih lagi inovasi ini juga menjamin meningkatnya kuantitas udara yang masuk kedalam paru-paru dan meningkatkan produksi tenaga tambahan 20%.

Selain itu pelindung gigi ini juga memicu reaksi kortisol, dan menurunkan hormon yang memicu stres dan kelelahan. Dengan pelindung gigi ini maka pemain bola bisa mengurangi resiko mengatupkan rahang saat berolah raga yang sangat berbahaya. Inovasi ini sudah mulai diperkenalkan dan mulai dipergunakan dalam beberapa laga uji coba untuk melihat kesan dan masukan dari pemain yang mencoba alat ini.

Inovasi nomer dua adalah Bola CTRUS. Bola ini adalah bola khusus yang dibuat dengan memasukkan kamera didalam bola tersebut sehingga ketika ia melewati mistar, maka akan mengirim sinyal ke jam tangan wasit. Namun sayang bola yang merupakan salah satu dari 5 inovasi unik sepakbola ini ditolak karena dianggap merusak keindahan dan kealamian permainan sepakbola. Terlepas dari Kontroversi, FIFA telah menguji coba bola ini dan akan dirilis sebagai bola masa depan.

Inovasi ketiga adalah Plester Kinesio yang dipergunakan oleh Gareth Bale, seorang pemain dalam Liga Inggris. Fungsi plester Kinesio ini adalah sebagai alat bantu untuk meningkatkan daya kerja otot agar lebih optimal maka tidak heran jika Bale dulu dikenal sebagai seorang pemain yang sangat cepat dan mempunyai kebugaran yang sangat prima. Plester ini sebetulnya sudah lama ada karena ditemukan pada tahun 1970 oleh seorang dokter asal Jepang.

Inovasi keempat dari 5 inovasi unik sepakbola adalah jam Referee Third Eye atau jam wasit dengan teknologi baru yang bisa terhubung dengan hakim garis melalui bluetooth serta dilengkapi indikator-indikator pelanggaran. Inovasi terakhir adalah Plester hidung dan krim dada yang melancarkan pernafasan sehingga produksi tenaga meningkat drastis. Yang mempergunakal inovasi ini antara lain Robbie Fowler dari Liverpool.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>