5 Nama Pemain yang Sukses Jadi Kapten Tim di 13 Tahun Terakhir

Chelsea v Wolverhampton Wanderers - Capital One Cup Third Round

Anda tentu akan menilai sosok seorang kapten sepakbola hanya sebagai orang pertama yang berhak untuk mengangkat trofi bukan?. Atau sosok kapten adalah seorang pemain yang hanya berhak mengenakan ban khusus di lengannya ketika bermain dalam sebuah pertandingan. Namun jangan salah, tugas seorang kapten tim sepakbola tidaklah segampang itu. Jika Anda mendapatkan kepercayaan untuk menjadi kapten tim tentu senang akan tetapi tidak melihat tugas sebenarnya apa. Kapten Tim sepakbola harus bisa menjadi pemimpin dari pemain lainnya. Seorang pemimpin yang bisa menjadi inspirasi pemain lainnya dalam melakukan taktik strategi pelatih. Pelatih pasti akan selalu berkomunikasi dengan kapten tim. Jika kapten bermain buruk, maka secara menyeluruh tim juga berpeluang buruk dan sebaliknya.

Dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan, memang telah lahir kapten-kapten tim sepakbola yang menjadi inspirasi bagi pemain-pemain muda. Berikut ini adalah daftar 5 pemain sepakbola yang berhasil menyandang ban kapten sekaligus mampu menjadi inspirasi positif dalam 13 tahun terakhir.

1. John Terry (Chelsea)

Chelsea merupakan salah satu klub yang senang gonta-ganti pelatih. Akan tetapi sosok John Terry masih selalu berhasil menempati posisi sentral di lini belakang Chelsea. Ketika kapten tim sebelumnya Marcel Desailly telah memutuskan untuk pensiun di musim 2004/2005, Terry langsung ditunjuk sebagai penggantinya. Prestasi yang ditorehkan Terry untuk Chelsea adalah 12 kali meraih trofi bergengsi termasuk diantaranya Liga Champions.

 2. Ledley King (Tottenham Hotspurs)

Pengalaman pahit pernah dirasakan King selama berseragam Klubnya yaitu didera cedera lutut kronis. Walaupun begitu, sebanyak 250 pertandingan telah dilaluinya bersama Tottenham. Selama memperkuat The Spurs, Julukan Tottenham King selalu tampil dengan performa impresif. Performa tersebut sempat diperlihatkannya di pertandingan terakhir. Bagi para pendukung The Spurs, sosok King dianggap seorang pahlawan di lini belakang.

kapten tim eropa

 3. Patrick Vieira (Arsenal)

Para fans The Gunners Arsenal tentu tidak akan melupakan begitu saja sosok Patrick Vieira walaupun kini pemain tersebut sudah pensiun. Pasalnya, sang kapten pernah berhasil memaksimalkan tendangan penalty sebagai penentu juara di Liga Inggris musim 2003/2004. Prestasi yang telah diukir diantaranya adalah Piala FA dan Liga Inggris. Kini Vieira bekerja di staf pengembangan sepakbola di klub Inggris lainnya Manchester City.

 4. Roy Keane (Manchester United)

Ditunjuk pelatih untuk menggantikan kapten tim sebelumnya, Eric Cantona di musim 1997/1998 membuat Keane merasa sangat bangga. Era keemasan The Red Devils julukan Manchester United pun dilalui dengan sangat manis. Kepemimpinan Keane di lapangan ketika itu berbuah manis dengan meraih gelar Liga Premier Inggris sebanyak 3 kali berturut-turut dan treble winners di musim 1998/1999.

 5. Carles Puyol (Barcelona)

Sebenarnya pemain yang menjadi kunci permainan Barcelona terdapat pada trio gedor diantaranya Lionel Messi, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Namun jangan salah, sosok Puyol di lini pertahanan El Barca julukan Barcelona tidak boleh dipandang sembarangan. Saat ini, Puyol telah memasuki musim ke-10 bersama Barcelona semenjak dirinya ditunjuk kapten tim. 13 Gelar juara telah dirasakan pemain dengan rambut panjang keriting tersebut bersama Barcelona. Puyol memang lahir dari pemain binaan Barcelona dan dirinya ingin pensiun di klub tersebut juga.

Sebenarnya masih banyak nama-nama kapten tim lain yang juga berpengaruh terhadap klub yang didiaminya namun 5 pemain diatas dinilai memiliki kemampuan yang luar biasa. Kelak kita akan terus menjumpai kapten-kapten tim yang memiliki performa sangat baik bagi klubnya. Yang terpenting tetap sederhana dan selalu menjadi inspirasi bagi pemain lainnya.

 kapten tim eropa

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>