5 Pemain Dunia Yang Ternyata Hasil Naturalisasi

3.  5 Pemain Dunia Yang Ternyata Hasil Naturalisasi.3

Pada Akhir-akhir ini, persepakbolaan Eropa tengah dihebohkan dengan isu naturalisasi pemain. Hal ini mencuat  menyusul hebohnya berita pemain bernama Adnan Janzuaj, salah seorang pemain muda Manchester United yang telah mencetak 2 gol untuk Manchester United dan memenangkan pertandingan di Premier League.

oleh karena itu, jasa pemain muda ini pun menjadi rebutan dari timnas timnas selain tempat dimana dia dilahirkan, seperti: Belgia, Kosovo, Albania, dan bahkan Inggris!

Kasus kasus seperti Januzaj ini bukanlah kasus pertama yang terjadi di dunia persepakbolaan. Bahkan Indonesia pun menggunakan jasa pemain naturalisasi untuk memperkuat timnya. Padahal sebenarnya tidak terlalu perlu melihat apa yang telah dipersembahkan timnas U-19. Namun  sepanjang sejarah persepakbolan, sudah ada banyak ‘kegalauan’ yang dirasakan pemain bola dalam menentukan kewarganegaraannya. Siapa sajakah mereka? Silahkan saja simak rinciannya disini,

1.     Pepe

Pemain yang terkenal bengal kepunyaan Real Madrid ini hijrah ke Portugal pada tahun 2001 untuk bermain di klub Maritimo. Kemudian  Ia pindah ke klub tersohor Portugal FC Porto dan akhirnya mulai dilirik klub klub besar. Karena dia merasa talentanya tak dihargai oleh Negara asalnya Brazil, maka Pepe akhirnya memutuskan untuk berpindah kewarga negaraan menjadi warga negara Portugal dan membela timnas Portugal yang julukannya juga sama seperti Brazil yakni Selecao Eropa.

2. Eduardo

merupakan salah satu dari ratusan pemain  sepakbola asal Brazil yang memutuskan untuk berpindah status kewarga negaraan aslinya. Sebenarnya mantan penyerang klub Arsenal ini memang  dulunya lahir di Brazil, tetapi dia memutuskan untuk membela Kroasia karena dia tidak dilirik timnas Brazil. Ia tampil sebagai bagian dari timnnas U-21 guna membela tim nasional kroasia pertama kali pada di tahun 2000.

 

3. Kevin Prince Boateng

Ia telah membela timnas jerman di level U-15, U-16, U-17, sampai U-20.  Setelah Boateng dicap memberikan pengaruh buruk kepada tim oleh Dieter, Akhirnya, pada  tahun 2009 Boateng memutuskan untuk berpindah Negara. Dia  di naturalisasi dan akhirnya membela tim nasional Ghana dan bermain cukup impressive di  Piala Dunia 2010 yang lalu.

4. Marcos Senna

Sama seperti 2 rekannya dari Brazil, Eduardo dan Pepe, Marcos Senna memutuskan untuk hengkang dari Negara kelahirannya tersebut. Setelah lama membela klub spanyol, akhirnya dia memutuskan untuk menjadi warga Negara spanyol. Prestasi tertingginya adalah saat bermain 90 menit penuh di final Piala Dunia 2010. Dan  memenangkan pertandingan final atas Belanda.

5. Subotic          

 Mungkin tak banyak orang yang mengetahui kalau pemain belakang andalan tim Borussia Dortmund ini sesungguhnya dulunya mengantongi surat kewarganegaraan dari Negara adidaya  Amerika Serikat semenjak dia dilahirkan. Namun Karena faktor tempat tinggal dan keturunan, Subotic juga memiliki kemungkinan untuk bisa membela tim nasional Kroasia ataupun juga Jerman. Dia sempat pula diminati oleh timnas Bosnia. Meski begitu Subotic akhirnya memutuskan untuk membela Tim nasional Serbia sejak tahun 2008.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>