Api Persaingan Piala Dunia Brasil 2014 Telah Dinyalakan

5. Api Persaingan Piala Dunia Brasil 2014 Telah Dinyalakan 1

Sebentar lagi tahun 2013 akan berakhir dan 2014 akan kita sambut dengan penuh kegembiraan dan semangat baru karena salah satu even terbesar dijagad raya akan diselenggarakan tahun depan. Piala Dunia Brasil 2014 adalah event yang paling ditunggu oleh hampir seluruh insan di jagad raya dimana tim-tim terbaik dunia akan berkumpul dan saling menjajal kemampuan mereka di lapangan hijau. Sudah dipastikan bahwa stadion di brasil akan dipenuhi tidak saja jutaan penggemar sepakbola dari segala penjuru dunia namun juga bintang-bintang sepakbola terbaik mereka.

Kini api persaingan sudah mulai dinyalakan oleh FIFA dengan melakukan pengundian tim-tim yang akan berlaga tahun depan. Sekitar 32 tim akan saling bertanding dan oleh FIFA mereka akan dibagi menjadi delapan grup dengan masing-masing grup terdiri dari enam negara. Pengundian grup yang akan berlaga itu rencananya akan dilangsungkan di Costa do Saupe, Bahia tanggal 6 Desember mendatang. Bagi Anda yang tidak tahu dan ingin tahu bagaimana pembagian grup tersebut maka berikut ini adalah rinciannya.

Akan ada 4 pot yang akan dipergunakan untuk mengundi penghuni grup di Piala Dunia Brasil 2014 mendatang. Pada pot 1 diisi dengan delapan tim unggulan dan tuan rumah (Brasil). Delapan tim unggulan ini diperoleh dari ranking per 30 Oktober. Sementara itu pot 2 berisi lima tim dari benua Afrika dan dua tim dari Amerika Selatan.

Pot 3 berisi empat tim dari Asia dan empat tim dari Amerika Tengah dan Tim Karibia dan pada pot 4 berisi sembilan tim dari Eropa. Secara gamblangPot 1: Brasil, Spanyol, Jerman, Argentina, Kolombia, Belgia, Uruguay, Swiss, pada Pot 2 ada Cile, Ekuador, Pantai Gading, Ghana, Aljazair, Nigeria, Kamerun. Pada Pot 3 ada Australia, Iran, Jepang, Korea Selatan, Kosta Rika, Meksiko, Honduras, Amerika Serikat dan Pot 4 berisi Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Inggris, Prancis, Yunani, Italia, Belanda, Portugal, dan Rusia.

FIFA mempergunakan prinsip pemisahan geografis, urutan pengundian dan posisi tim untuk mengundi penghuni grup pada Piala Dunia Brasil 2014 mendatang. Prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut: untuk membagi tim-tim di pot 1-4, pengundian dimulai dengan mengambil satu bola undian dari pot empat (yang berisi sembilan tim Eropa), dan memasukkannya ke dalam pot 2 agar menghasilkan keseimbangan, delapan tim di setiap pot.Langkah kedua, Pot satu dikosongkan dimulai dengan Brasil. Kemudian tim-tim lain dialokasikan ke posisi satu dari Grup A hingga Grup H.

Selanjutnya, dengan tambahan tim Eropa ke pot 2, pot 2 akan diisi tim dari tiga zona berbeda. Pot 2 akan dikosongkan, dimulai dengan tim Eropa yang digabung dengan grup yang diisi tim Amerika Selatan dari Pot X (pot tambahan). Tim yang tersisa akan dialokasikan ke Grup A hingga Grup H. Selanjutnya pot 3 dan 4 dikosongkan dan posisi di dalam grup A hingga H akan diundi untuk seluruh tim dari Pot 2,3 dan 4.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>